Penyusunan kumpulan cerkak bebungahing rekasa sebagai sumber belajar untuk jenjang SMP/MTS / Ananda Pramesti Regitha Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyusunan kumpulan cerkak bebungahing rekasa sebagai sumber belajar untuk jenjang SMP/MTS / Ananda Pramesti Regitha Cahyani

Cahyani, Ananda Pramesti Regitha (2023) Penyusunan kumpulan cerkak bebungahing rekasa sebagai sumber belajar untuk jenjang SMP/MTS / Ananda Pramesti Regitha Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Bahasa Jawa termasuk pelajaran muatan lokal wajib yang diajarkan di seluruh sekolah di Jawa Timur. Pembelajaran bahasa Jawa digunakan sebagai wahana untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran terkait budaya kehidupan sosial hingga karya sastra Jawa. Salah satu karya sastra yang diajarkan dalam muatan lokal bahasa Jawa adalah cerkak atau cerita pendek. Namun cerkak termasuk materi bahasa Jawa yang kurang diminati peserta didik karena kurangnya sumber belajar yang menarik dan sesuai dengan perkembangan peserta didik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan kumpulan cerkak berjudul Bebungahing Rekasa yang terdiri dari 12 cerkak sebagai sumber belajar untuk jenjang SMP/MTs. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg amp Gall (1983) yang terdiri dari 10 tahap yaitu (1) analisis kebutuhan dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan rancangan produk (4) uji validasi (5) revisi produk awal (6) uji lapangan terbatas (7) revisi produk (8) uji lapangan (9) penyempurnaan produk akhir dan (10) diseminasi dan implementasi. Analisis kebutuhan dilakukan dengan wawancara guru bahasa Jawa dan penyebaran angket kepada peserta didik untuk mengetahui kurikulum yang digunakan kendala yang dialami peserta didik dalam pembelajaran cerkak sumber belajar apa saja yang digunakan dalam pembelajaran cerkak dan kriteria sumber belajar cerkak yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Perencanaan produk dilakukan dengan dengan menyusun judul-judul cerkak dan garis besar cerita yang dijadikan acuan untuk mengembangkan buku kumpulan cerkak. Uji validasi dilakukan oleh ahli materi dan uji praktisi dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Jawa. Setelah itu produk direvisi sesuai hasil dan masukan dari ahli materi. Tahap selanjutnya adalah uji lapangan yang dilakukan kepada 30 peserta didik kelas VIII F di SMP Negeri 18 Malang. Dari hasil uji lapangan produk disempurnakan menjadi kumpulan cerkak yang layak dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Hasil uji validasi dari ahli materi mendapat skor 90% untuk aspek kelayakan bahasa dan mendapat skor 85% untuk aspek isi. Secara keseluruhan hasil uji validasi kumpulan cerkak memperoleh rata-rata skor 87%. Hasil uji praktisi dari guru mata pelajaran bahasa Jawa mendapat skor 75% untuk aspek kelayakan bahasa dan mendapat skor 75% untuk aspek isi. Secara keseluruhan hasil uji praktisi kumpulan cerkak memperoleh rata-rata skor 75%. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa 12 judul cerkak mendapat respon baik meskipun ada beberapa kata yang tidak dipahami oleh peserta didik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kumpulan cerkak berjudul Bebungahing Rekasa layak untuk digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jun 2023 04:29
Last Modified: 10 Aug 2023 01:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284622

Actions (login required)

View Item View Item