Implementasi emotion recognition assistance (era) pada terapi rekognisi emosi siswa dengan autism spectrum disorder (asd) di slb autis laboratorium um / Yuliana Pramesti - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi emotion recognition assistance (era) pada terapi rekognisi emosi siswa dengan autism spectrum disorder (asd) di slb autis laboratorium um / Yuliana Pramesti

Pramesti, Yuliana Pramesti (2023) Implementasi emotion recognition assistance (era) pada terapi rekognisi emosi siswa dengan autism spectrum disorder (asd) di slb autis laboratorium um / Yuliana Pramesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Autism Spectrum Disorder merupakan suatu gangguan perkembangan yang terjadi pada bagian otak dan syaraf. Salah satu gangguan keterampilan pada anak ASD yang masih jarang dibahas adalah gangguan keterampilan anak dalam mengenali emosi . Melalui wawancara yang telah dilakukan penulis terhadap guru atas permasalahan yang dialami dalam mengajarkan pengenalan emosi baik dalam diri anak ASD itu sendiri maupun orang lain diikuti dengan media pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional maka penulis memberikan solusi dengan menggunakan teknologi. Rumusan masalah yang dapat diambil berupa (1) Bagaimana rekognisi emosi siswa ASD sebelum dilakukan terapi dengan menggunakan aplikasi ERA . (2) Bagaimana proses implementasi aplikasi ERA terhadap rekognisi emosi peserta didik ASD . (3) Bagaimana rekognisi emosi siswa ASD setelah dilakukannya terapi dengan menggunakan aplikasi ERA . Sehingga melalui rumusan masalah yang telah diajukan oleh peneliti maka tujuan dalam penelitian ini (1) Mendeskripsikan rekognisi emosi siswa ASD sebelum terapi dengan menggunakan aplikasi ERA. (2) Menganalisis proses implementasi aplikasi ERA terhadap emosi peserta didik ASD. (3) Mendeskripsikan rekognisi emosi siswa ASD setelah terapi dengan menggunakan aplikasi ERA. Pada penelitian eksperimen ini jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah tujuh peserta didik ASD atau satu kelas dari kesuluruhan populasi yang telah dipilih dari SLB Autis Laboratorium UM. Hasil perhitungan data yang dilakukan dengan menggunakan Wilcoxon two-tailed sebesar 0 18. Nilai ini lebih kecil dari kriterian signifikansi yang ditentukan yaitu berupa 0 05. Pengujian data yang telah dilakukan ini membuktikan hasil implementasi aplikasi ERA dinilai relevan digunakan sebagai alat bantu pembelajaran bagi guru kepada peserta didik untuk meningkatkan kemampuan pengenalan ekspresi wajah pada anak ASD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284435

Actions (login required)

View Item View Item