Pengaruh kegiatan bermain &ldquo;puzzle&rdquo; terhadap peningkatan pemusatan perhatian pada anak adhd Kelas i di SLB Negeri 2 Lombok Timur / Baiq Anggun Pribadi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kegiatan bermain &ldquo;puzzle&rdquo; terhadap peningkatan pemusatan perhatian pada anak adhd Kelas i di SLB Negeri 2 Lombok Timur / Baiq Anggun Pribadi</p>

Pribadi, Baiq Anggun (2023) Pengaruh kegiatan bermain &ldquo;puzzle&rdquo; terhadap peningkatan pemusatan perhatian pada anak adhd Kelas i di SLB Negeri 2 Lombok Timur / Baiq Anggun Pribadi</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pribadi Baiq Anggun. 2023. Pengaruh Kegiatan Bermain Puzzle Terhadap Kemampuan Pemusatan Perhatian Siswa ADHD. Skripsi Departemen Pendidikan Luar Biasa Fakultas ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Abdul Huda M.Pd (II) dr. Agung Kurniawan M.Kes. Kata Kunci ADHD kemampuan pemusatan perhatian puzzle. Anak ADHD merupakan seseorang yang mengalami hambatan dalam kemampuan pemusatan perhatian. Mereka memiliki tingkat kemampuan konsentrasi atau pemusatan perhatian cenderung rendah yang mengakibatkan dalam proses pembelajaran kurang efektif. Pemanfaatan strategi dan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan kemampuan pemusatan perhatian siswa ADHD. Salah satu pemanfaatan strategi dan model pembelajaran yang digunakan yaitu kegiatan bermain puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan pemusatan perhatian pada kondisi baseline-1 (A1) (2) mendeskripsikan kemampuan pemusatan perhatian pada kondisi intervensi (B) (3) mendeskripsikan kemampuan pemusatan perhatian pada kondisi baseline-2 (A2) (4) mendeskripsikan pengaruh kegiatan bermain puzzle terhadap kemampuan pemusatan perhatian siswa ADHD. Penelitian ini menggunakan metode single subject research (SSR) desain A-B- A. Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang anak ADHD kelas I. Instrumen penelitian menggunakan lembar kerja dengan komponen pemahaman instruksi merespons instruksi kegiatan bermain dengan instruksi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data visual yang meliputi analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemusatan perhatian anak pada kondisi baseline-1 (A1) kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar 58%. Sementara itu pada kondisi intervensi kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 83 6%. Pada kondisi setelah pemberian intervensi kemampuan pemusatan perhatian anak masuk kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 72 6%. Persentase overlap menunjukkan angka 0% yang berarti bahwa kegiatan bermain puzzle berpengaruh positif terhadap kemampuan pemusatan perhatian siswa ADHD. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) kemampuan pemusatan perhatian anak sebelum diberikan intervensi termasuk kategori kurang (2) kemampuan pemusatan perhatian anak saat diberikan intervensi termasuk kategori cukup (3) kemampuan pemusatan perhatian anak setelah diberikan intevensi termasuk dalam kategori cukup (4) kegiatan bermain puzzle berpengaruh positif terhadap kemampuan pemusatan perhatian siswa ADHD. Saran bagi guru dapat mengembangkan media ataupun kegiatan bermain untuk meningkatkan kemampuan pemusatan siswa ADHD. Bagi peneliti selanjutnya kegiatan bermain puzzle dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan kemampuan pemusatan perhatian siswa ADHD lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284407

Actions (login required)

View Item View Item