Penggunaan media papan jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa tunagrahita ringan Kelas v di SLB Sumber Dharma Kota Malang / Wiji Lestari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media papan jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa tunagrahita ringan Kelas v di SLB Sumber Dharma Kota Malang / Wiji Lestari</p>

Lestari, Wiji (2023) Penggunaan media papan jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa tunagrahita ringan Kelas v di SLB Sumber Dharma Kota Malang / Wiji Lestari</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tunagrahita memiliki karakteristik salah satunya anak mudah bosan dan mudah lupa. Salah satu mengatasi masalah tersebut guru harus mampu mengatur suasana pembelajaran agar lebih menarik. Misalnya dengan menggunakan media yang kreatif dan inovatif. Salah satunya menggunakan media papan jarimatika. Media papan jarimatika adalah media yang digunakan oleh peneliti sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa tunagrahita ringan. Dalam penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah apakah media papan jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa tunagrahita ringan. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data tes dan dokumentasi. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah one group pre ndash test dan post ndash test design. Setelah seluruh data terkumpul selanjutnya menggunakan teknik Uji Non Parametrik menggunakan program SPSS. Dari hasil analisis data ditemukan Z hitung -2 251 dan alpha 0 05 kemudian sig 0 024. Hal ini menunjukkan bahwa Sig 0 024 lebih kecil dari 0 05 (0 024 lt 0 05). Kesimpulannya H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan media papan jarimatika. Berdasarkan dari analisis dapat disimpulkan bahwa media papan jarimatika dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan pada siswa tunagrahita ringan kelas V di SDLB Sumber Dharma Kota Malang. Mengingat pentingnya media pembelajaran yang kreatif dan inovatif maka untuk kedepannya guru diharapkan lebih kreatif untuk menggunakan model media pembelajaran yang mampu menarik perhatian siswa dan yang dapat dicerna dengan baik oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284406

Actions (login required)

View Item View Item