Nuriyah, Lailatun Nuriyah (2023) Pemanfaatan media sentence scramble game dalam meningkatkan kemampuan menyusun kalimat berbasis pedoman umum ejaan bahasa indonesia siswa tunarungu di slbn batu / LAILATUN NURIYAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hambatan berbahasa yang sering terjadi pada anak tunarungu terutama pada kategori tuli (deaf) adalah terbatasnya penguasaan kosakata. Keterbatasan pemahaman kosakata atau bahasa verbal mengakibatkan anak tunarungu (tuli) kesulitan mengucapkan bunyi bahasa. Kurangnya bahasa verbal berakibat pada masalah kognitif berupa kesulitan memahami bacaan dan menulis kalimat yang padu. Untuk itu dibutuhkan media pembelajaran yang dapat mempermudah anak dalam mengoptimalkan kemampuan menyusun kalimat yang padu. Untuk membantu siswa tunarungu memahami cara menyusun kalimat yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dibutuhkan media. Sentence scramble game merupakan media yang dapat membantu siswa berpikir lebih imajinatif dan menyusun kalimat sesuai dengan struktur yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana permainan sentence scramble game dapat mempengaruhi kemampuan siswa tunarungu di SLBN Batu dalam menyusun kalimat dengan menggunakan Pedoman Ejaan Umum Bahasa Indonesia (PUEBI) Penelitian ini menggunakan rancangan times series design dengan metodologi penelitian quasi experimental design. Subjek penelitian 6 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes tulis sebanyak 4 kali untuk mengetahui kestabilan dan kejelasan terhadap kelompok sebelum diberikan perlakuan. Setelah itu diberikan perlakuan tes tulis kembali sebanyak 4 kali untuk mengetahui hasil perlakuan yang telah dilakukan. Instrument penelitian dalam penelitian ini menggunakan soal tes sebanyak 10 butir. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan kemampuan menyusun kalimat siswa tunarungu sebelum dan sesudah menggunakan media sentence scramble game. Berdasarkan tabel uji Wilcoxon diperoleh hasil Asymp Sig. (2 ndash tailed) pada data 1 sebesar 0 043 data 2 sebesar 0 028. data 3 sebesar 0 028 dan data 4 sebesar 0 026. Karena nilai semua Asymptotic Sinificance lebih kecil dari nilai 0 05 yang berarti lebih kecil dari alpha 0 05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan nilai dalam penyusunan kalimat setelah siswa diberikan perlakuan dengan media sentence scramble games. Hal ini membuktikan bahwa media sentence scramble games berpengaruh terhadap kemampuan menyusun kalimat siswa tunarungu. Saran bagi guru agar mengaplikasikan media sentence scramble games dalam kegiatan pembelajaran. Diharapkan juga bagi peneliti selanjutnya untuk lebih menyempurnakan penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/284396 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |