Sikap peserta didik reguler terhadap peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusif indonesia-malaysia / Melisa Abigail Meliala - Repositori Universitas Negeri Malang

Sikap peserta didik reguler terhadap peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusif indonesia-malaysia / Melisa Abigail Meliala

Meliala, Melisa Abigail Meliala (2023) Sikap peserta didik reguler terhadap peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusif indonesia-malaysia / Melisa Abigail Meliala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan hal terpenting yang harus dimiliki oleh setiap orang termasuk bagi anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus memiliki hak yang sama dengan anak lainnya hanya saja lahir dengan karakteristik yang berbeda dari anak pada umumnya namun hal ini tidak dapat dijadikan hambatan bagi mereka dalam mendapatkan pendidikan. Dengan adanya keterbatasan yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus maka yang harus diperhatikan adalah bagaimana sikap yang ditunjukkan oleh siswa reguler terhadap anak berkebutuhan khusus yang terdapat di sekolah inklusi Indonesia dan Malaysia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan naskah perbandingan mengenai sikap siswa regular terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi di Indonesia-Malaysia. Di dalam sekolah inklusi seharusnya seluruh siswa dianggap sama hanya saja yang ditemukan sampai saat ini masih banyak tindakan bullying dan diskriminasi yang dilakukan oleh siswa reguler karena menganggap siswa berkebutuhan khusus berbeda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui wawancara dan observasi. Analisis data meliputi pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing siswa reguler memiliki pengetahuan dan responnya masing-masing dalam bersikap terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusif. Siswa berkebutuhan khusus pun memiliki tingkat kepercayaan dirinya masing-masing dalam menunjukkan kebolehan mereka di depan umum. Saran dalam penelitian ini diperuntukkan kepada kepala sekolah agar dapat memberikan kebijakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan siswa reguler mengenai siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusif dan kepada warga sekolah agar lebih menggali informasi mengenai siswa berkebutuhan khusus untuk dapat menambah wawasan siswa reguler mengenai siswa berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284395

Actions (login required)

View Item View Item