Putri, Aulia Putri (2023) Peningkatan kemampuan mitigasi gempa bumi dengan pelatihan menggunakan media mobile game earthquake safety tips pada siswa tunagrahita smalb idayu 2 pakis malang / Aulia Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sangat penting untuk mengajarkan siswa tunagrahita tentang mitigasi gempa bumi sejak dini di sekolah karena mereka termasuk kelompok rentan terhadap ancaman gempa bumi. Khususnya di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang yang sering terdampak guncangan gempa bumi. Guna meningkatkan kemampuan mitigasi gempa bumi siswa tunagrahita maka diterapkan pelatihan mitigasi gempa bumi dengan menggunakan media mobile game Earthquake Safety Tips. Mobile game tersebut memuat materi tentang mitigasi gempa bumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mitigasi gempa bumi dengan pelatihan menggunakan media mobile game Earthquake Safety Tips pada siswa tunagrahita di SMALB Idayu 2 Pakis Malang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain pre-experimental one-group pretest-posttest design. Total populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah delapan siswa tunagrahita di SMALB Idayu 2 Pakis Malang. Instrumen penelitian menggunakan tes tulis observasi dan tes tindakan untuk pre-test dan post-test. Data yang dikumpulkan adalah kemampuan kognitif kemampuan afektif dan kemampuan psikomotorik mitigasi gempa bumi. Analisis data penelitian menggunakan metode Wilcoxon matched pairs dengan bantuan SPSS 25.0 For Window. Terjadi peningkatan nilai rata-rata pada setiap aspek kemampuan mitigasi gempa bumi. Pada aspek kemampuan kognitif meningkat dari 50 ke 83 33. Pada aspek kemampuan afektif meningkat dari 2 59 ke 3 60. Sementara pada aspek kemampuan psikomotorik meningkat dari 24 62 ke 42 5. Uji hipotesis juga menunjukkan terdapat perbedaan signifikan sebelum dan setelah pelatihan menggunakan media mobile game Earthquake Safety Tips terhadap kemampuan mitigasi gempa bumi siswa tunagrahita. Pada aspek kemampuan kognitif diperoleh 0 027 lt 0 05. Aspek kemampuan afektif diperoleh 0 011 lt 0 05. Sementara aspek kemampuan psikomotorik diperoleh 0 012 lt 0 05. Disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mitigasi gempa bumi dengan pelatihan menggunakan media mobile game Earthquake Safety Tips pada siswa tunagrahita di SMALB Idayu 2 Pakis Malang. Disarankan bagi pendidik untuk menggunakan media mobile game Earthquake Safety Tips dalam melatih mitigasi gempa bumi pada siswa tunagrahita karena dapat membantu mereka memahami konsep dan cara mitigasi gempa bumi. Bagi peneliti selanjutnya supaya dapat memberikan inovasi lain dalam melatih mitigasi gempa bumi kepada siswa tunagrahita.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/284375 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |