Amalia, Silvi Amalia (2023) Pengembangan buku cerita fabel untuk media pembelajaran membaca pemahaman kelas 2 di sd negeri gugus 1, 2, dan 3 bantur / Silvi Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Membaca pemahaman merupakan kegiatan membaca yang dilakukan secara saksama dan teliti oleh pembaca untuk mengasah kemampuan membaca secara kritis dengan tujuan memahami bacaan secara rinci. Pembelajaran membaca pemahaman di Sekolah Dasar berkaitan dengan bagaimana guru memfasilitasi siswa dengan media pembelajaran. Namun fakta menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran membaca pemahaman terkait dongeng binatang guru hanya menggunakan teks dongeng binatang yang ada pada Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan buku paket Tematik yang disajikan dengan tulisan yang minim akan gambar hal tersebut membuat siswa kurang tertarik dalam pembelajaran membaca. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan media buku cerita fabel untuk membaca pemahaman kelas 2 Sekolah Dasar yang valid menurut validator ahli materi dan ahli media serta menarik menurut pengguna yaitu guru dan siswa kelas 2 Sekolah Dasar. Metodologi penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis design development implementation and evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk telah dinyatakan valid oleh ahli media dan ahli materi dengan nilai persentase masing-masing adalah 98% dan 100%. Kemudian dalam uji coba produk kepada pengguna yaitu guru dan siswa melalui angket respon keduanya menghasilkan nilai persentase masing-masing sebesar 100% yang artinya media buku cerita fabel masuk dalam kategori sangat menarik. Hasil akhirnya ialah produk buku cerita fabel berjudul ldquo Kisah Tiga Gajah rdquo dengan amanat ceritanya adalah hidup rukun dan dilengkapi pertanyaan menggali informasi terkait cerita. Produk didesain menggunakan software Procreate dengan ukuran buku 21 cm x 20 cm dan dicetak menggunakan jenis kertas HVS 100 untuk isi serta kertas art paper 230 untuk sampul depan dan belakang. Media buku cerita fabel ini perlu digunakan dengan sebaik-baiknya oleh guru terlebih sebagai media pembelajaran dalam membaca pemahaman kelas 2 Sekolah Dasar. Selain itu juga dapat dikembangkan lagi menjadi media berbasis digital.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/283711 |
Actions (login required)
View Item |