Kusuma, Hafidzul Maiza (2023) Pengembangan chatbot berbasis whatsapp untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi masa orde baru / Hafidzul Maiza Kusuma</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir proses pembelajaran dilaksanakan secara online/daring. Dengan kondisi seperti itu pebelajar tidak hanya membutuhkan media pembelajaran yang hanya sekedar memfasilitasi belajar tetapi juga dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi masa orde baru secara maksimal agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pada era teknologi informasi dan komunikasi terdapat teknologi Artificial Intelligence (AI) berupa media Chatbot. Dalam pengembangan ini pengembang mengkolaborasikan teknologi AI yaitu sebuah produk berupa Chatbot dengan aplikasi Whatsapp yang dijadikan sebagai media pembelajaran untuk menghasilkan media ajar yang layak dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar. Media ini dikembangkan menggunakan model Sadiman dkk. (2014). Pada tanggapan uji ahli materi dengan persentase sebesar 97 5% uji ahli media dengan persentase sebesar 93% dan tanggapan peserta didik dengan melakukan uji coba satu lawan satu dengan persentase sebesar 87 5% uji coba kelompok kecil dengan persentase sebesar 86 3% uji coba lapangan dengan persentase sebesar 88 9% serta hasil pre-test dan post-test dengan menggunakan uji N-Gain yang memperoleh hasil persentase sebesar 65%. Maka dapat disimpulkan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan media Chatbot berbasis Whatsapp dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan memperoleh kategori cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman pebelajar pada materi Masa Orde Baru di kelas XII MIPA SMA Laboratorium UM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/282264 |
Actions (login required)
View Item |