Putri, Salsabillah Malicha Putri (2022) Dramaturgi dalam motif sharing di instagram pada mahasiswa fakultas ilmu sosial universitas negeri malang / Salsabillah Malicha Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Adanya media sosial memudahkan setiap orang untuk berinteraksi. Maraknya penggunaan media sosial di Indonesia mengakibatkan munculnya fenomena sharing. Penelitian ini menggambarkan tentang motif sharing di instagram serta gambaran panggung depan dan panggung belakang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teori dramaturgi Erving Goffman digunakan untuk menggambarkan motif sharing di Instagram. Berdasarkan hasil penelitian terdapat lima motif sharing di Instagram. Pertama relasi sosial yang membuat mahasiswa merasa senang dan diakui ketika mendapat like dan komentar. Kedua representasi diri dalam hal ini mahasiswa ingin menampilkan representasi diri yang baik. Ketiga hiburan dan belajar yang terlihat dari perilaku individu membagikan postingan yang dirasa menarik dan unik. Keempat Instagram bisa dijadikan buku harian yang menyimpan segala aktivitas. Kelima motif berekspresi dimana mahasiswa memiliki kebiasaan sejak untuk menceritakan segala aktivitas yang dilakukan kepada orang lain. Panggung depan adalah sesuatu yang ditunjukkan individu ketika mereka berinteraksi dengan orang lain. Panggung depan terdiri dari setting dan persona front. Setting berkaitan dengan pemilihan foto dan fitur yang digunakan sedangkan personal front berkaitan dengan feed story caption dan sikap mereka. Selanjutnya Panggung belakang terkait dengan situasi kehidupan nyata.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/281945 |
Actions (login required)
View Item |