Pengembangan bahan ajar suplemen android tentang kiprah Kyai Haji Masjkur dalam mempertahankan kemerdekaan indonesia tahun 1945-1965 untuk kelas XII IPS MA Al Hidayah Wajak Malang. / IDA FITRIANA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar suplemen android tentang kiprah Kyai Haji Masjkur dalam mempertahankan kemerdekaan indonesia tahun 1945-1965 untuk kelas XII IPS MA Al Hidayah Wajak Malang. / IDA FITRIANA

Fitriana, Ida (2021) Pengembangan bahan ajar suplemen android tentang kiprah Kyai Haji Masjkur dalam mempertahankan kemerdekaan indonesia tahun 1945-1965 untuk kelas XII IPS MA Al Hidayah Wajak Malang. / IDA FITRIANA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran sejarah merupakan salah satu pembelajaran yang dilaksanakan dalam satuan pendidikan. Pembelajaran ini dapat mengajak siswa untuk menelaah keterkaitan kehidupan yang dialami diri sendiri masyarakat dan bangsa. Namun dalam pembelajaran sejarah terdapat permasalahan yang menyangkut banyak hal seperti fasilitas dan sumber daya manusia. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di MA Al Hidayah Wajak pembembelajaran sejarah di sekolah memiliki kekurangan fasilitas bahan ajar. Hal ini dikarenakan guru hanya menggunakan buku LKS dalam pembelaran sehingga siswa hanya terpaku dalam LKS. Disisi lain akibat pademi covid 19 sekolah menerapkan sistem daring dan luring dalam pembelajaran yang mengakibatkan banyak siswa kekurangan pembahasan materi. Pembahasan Kyai Haji Masjkur dikarenakan banyak siswa yang tidak mengetahui bahwa kalangan santri dan kyai terlibat dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. MA Al Hidayah memperbolehkan proses pembelajaran menggunakan handphone dan mayoritas semua siswa juga memiliki handphone sehingga sesuai dengan bahan ajar suplemen android yang dikembangkan. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk bahan ajar berupa suplemen android kiprah Kyai Haji Masjkur dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia tahun 1945-1965 untuk kelas XII IPS MA Al Hidayah Wajak Malang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan ialah metode penelitian dan pengembangan milik Sugiyono. Metode ini memiliki sepuluh tahap namun dalam tahap produksi massal diganti dengan produksi akhir yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain produk (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk (10) Produksi Massal. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi dan ahli media serta angket respons siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa bahan ajar suplemen android sangat valid dan layak untuk digunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi dan media termasuk dalam kategori sangat valid dengan masing-masing mendapatkan skor 85% dan 92 5%. Pada uji coba produk kelompok kecil yang dilakukan oleh siswa mendapatkan persentase 88 86%. Pada uji coba kelompok besar memperoleh hasil 91 75%. Kedua hasil uji produk tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar termasuk dalam kategori sangat valid. Sehingga bahan ajar suplemen android layak untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281738

Actions (login required)

View Item View Item