Pengaruh pemanfaatan gadget dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Produktif pada siswa kelas X SMK PGRI 2 malang / Wahyu Ningtiyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan gadget dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Produktif pada siswa kelas X SMK PGRI 2 malang / Wahyu Ningtiyas

Ningtiyas, Wahyu (2018) Pengaruh pemanfaatan gadget dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Produktif pada siswa kelas X SMK PGRI 2 malang / Wahyu Ningtiyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ningtiyas Wahyu. 2018. Pengaruh Pemanfaatan Gadget dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Kelas X SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajeman Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Mohammad Hari M.Si. Kata Kunci Pemanfaatan gadget Kemandirian Belajar Hasil Belajar Dalam pendidikan belajar sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas siswa di sekolah. Belajar merupakan usaha sadar yang yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku secara menyeluruh untuk mencapai tujuannya. Pencapaian hasil belajar yang optimal dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Antara lain pemanfaatan gadget dan kemandirian belajar. peneliti bertujuan ini menjelaskan pengaruh pemanfaatan gadget (X1) kemandirian belajar (X2) dan hasil belajar (Y) baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 2 Malang. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang yang berjumlah 142 siswa. Jumlah pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah 105 siswa . Data penelitian ini meliputi Program Keahlian Akuntansi Administrasi Perkantoran Multimedia Pemasaran dan Teknik Komputer Jaringan dimana pada kelas tersebutlah pelajaran produktif diberikan. Teknik sampling menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Data diolah dengan bantuan software SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Peneliti mendeskripsikan pemanfaatan gadget kemandirian belajar dan hasil belajar. (2) Ada pengaruh negatif pemanfaatan gadget terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang. (3) Ada pengaruh positif kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang. (4) Pemanfaatan gadget dan kemandirian belajar secara simultan terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan (1) Bagi Kepala Sekolah hendaknya kepala sekolah memberi kebijakan dalam penggunaan gadget pada siswa untuk membatasi penggunaan gadget dalam kelas. Jika tidak diperlukan dalam pembelajaran gadget siswa dikumpulkan ke ruang guru. (2) Bagi Guru hendaknya guru agar memberikan batasan kepada siswa dalam memanfaatkan gadget yang dimilikinya serta meningkatkan pembelajaran sehingga siswa dapat menjadi lebih aktif bertanya dan yakin dalam mengerjakan ulangannya sendiri. (3) Bagi Orang tua ii siswa hendaknya orang tua mengawasi anaknya dalam menggunakan gadget dengan baik serta memperhatiakan pendidikan anaknya dengan cara pengarahan untuk belajar secara mandiri (4) Bagi peneliti lain diharapkan peneliti selanjutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi atau data tambahan untuk meneliti yang berhubungan dengan pemanfaatan gadget dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28130

Actions (login required)

View Item View Item