Pengaruh efikasi diri dan lingkungan belajar di sekolah terhadap minat berwirausaha siswa kelas X di SMK Islam Batu / Yusrian Ashar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh efikasi diri dan lingkungan belajar di sekolah terhadap minat berwirausaha siswa kelas X di SMK Islam Batu / Yusrian Ashar

Ashar, Yusrian (2018) Pengaruh efikasi diri dan lingkungan belajar di sekolah terhadap minat berwirausaha siswa kelas X di SMK Islam Batu / Yusrian Ashar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ashar Yusrian. 2018. Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Belajar di Sekolah terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas X SMK Islam Batu. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Aniek Indrawati S.Si. MM Kata Kunci Efikasi Diri Lingkungan Belajar di Sekolah Minat Berwirausaha Presentase jumlah tingkat pengangguran di Kota Batu semakin banyak padahal Batu merupakan Kota Pariwisata yang bagus untuk mendirikan usaha. Oleh karena itu minat berwirausaha harus dikembangkan untuk anak-anak di jenjang pendidikan SMK yang siap dalam dunia kerja. Minat Berwirausaha dapat ditumbuhkan salah satunya dengan meningkatkan efikasi diri dan lingkungan belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi Efikasi diri Lingkungan belajar di Sekolah dan Minat Berwirausaha (2) Pengaruh Efikasi diri terhadap Minat Berwirausaha (3) Pengaruh Lingkungan belajar di Sekolah terhadap Minat Berwirausaha Siswa kelas X di SMK Islam Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 192 siswa dengan sampel sejumlah 130 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan nilai Uji t. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa (1) Efikasi diri Lingkungan Belajar di Sekolah dan Minat Berwirausaha masuk dalam kategori tinggi (2) Efikasi Diri secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha (3) Lingkungan Belajar di Sekolah secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka diajukan beberapa saran sebagai berikut (1) Bagi Kepala Sekolah disarankan untuk lebih membangun dan mempertahankan minat berwirausaha siswa (2) Guru disarankan untuk memiliki kedekatan hubungan dengan peserta didik baik di dalam dan di luar sekolah (3) Siswa sebaiknya melatih dirinya agar mampu melakukan wirausaha menambah referensi tentang bagaimana menjadi wirausahawan (4) Bagi Peneliti Selanjutnya disarankan untuk dilakukannya penelitian lebih lanjut terkait variabel lain yang diduga dapat mempengaruhi minat berwirausaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28129

Actions (login required)

View Item View Item