Penerapan kolaborasi model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, dan Satisfaction) & NHT (numbered Head Together) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan (studi pada siswa akelas XII Jurusan Multimedia SMK Islam/ Dina Fitriya Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, dan Satisfaction) & NHT (numbered Head Together) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan (studi pada siswa akelas XII Jurusan Multimedia SMK Islam/ Dina Fitriya Maharani

Maharani, Dina Fitriya (2018) Penerapan kolaborasi model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, dan Satisfaction) & NHT (numbered Head Together) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan (studi pada siswa akelas XII Jurusan Multimedia SMK Islam/ Dina Fitriya Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maharani Dina Fitriya. 2018. Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran ARIAS dan NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Studi pada Siswa KelasXII Jurusan Multimedia SMK Islam Batu. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Ludi Wishnu Wardana S.T. S.Pd. S.E. M.M. Kata Kunci Model pembelajaran ARIAS NHT dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas XII di SMK Islam Batu dalam mata pelajaran kewirausahaan yang masih rendah dalam hasil belajarnya. Hasil observasi diketahui bahwa masih banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Terbukti dari 22 anak hanya 1 yang tuntas sedangkan nilai ketuntasan belajar harus mencapai nilai Kriteria Kompetensi Minimal (KKM) telah ditetapkan yaitu 80 00. Hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran di kelas masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru. Guru kurang kreatif dan inovatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sehingga siswa kurang aktif untuk mengikuti proses pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan kolaborasi model pembelajaran kooperatif ARIAS dan NHT untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Karena model pembelajaran ARIAS dan NHT adalah model pembelajaran kelompok yang berpusat pada siswa (student center) jadi siswa akan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendiskripsikan penerapan kolaborasi model pembelajaran ARIAS dan NHT pada mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII Multimedia SMK Islam Batu. (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya kolaborasi model pembelajaran ARIAS dan NHT pada mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII Multimedia SMK Islam Batu. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedure penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrument berupa lembar pengamatan observasi siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran sedangkan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kolaborasi model pembelajaran ARIAS dan NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari awal pre test siklus I hingga siklus II yaitu nilai rata-rata pra siklus 62 5% menjadi 77 27% pada siklus I 73 86% menjadi 84 09% pada siklus II. Berdasarakan paparan data temuan penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran ARIAS dan NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XII Multimedia SMK Islam Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28123

Actions (login required)

View Item View Item