Pengembangan autentik assessment berbasis kinerja pada mata pelajaran komunikasi bisnis kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Ngawi / Sri Wahyu Tri Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan autentik assessment berbasis kinerja pada mata pelajaran komunikasi bisnis kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Ngawi / Sri Wahyu Tri Lestari

Lestari, Sri Wahyu Tri (2018) Pengembangan autentik assessment berbasis kinerja pada mata pelajaran komunikasi bisnis kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Ngawi / Sri Wahyu Tri Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Lestari Sri Wahyu Tri. 2018. Pengembangan Autentik Assesment Berbasis Kinerja Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Ngawi. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. Kata Kunci Autentik Assesment berbasis kinerja Komunikasi Bisnis. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru produktif jurusan bisnis daring dan pemasaran di SMK Negeri 1 Ngawi diperoleh informasi bahwa adanya perubahan kurikulum 2013 edisi revisi berdampak juga terhadap penilaian yang dilakukan oleh guru. Penilaian aspek psikomotor siswa belum sepenuhnya dilaksanakan secara autentik. Hal ini disebabkan guru masih mengalami kesulitan dalam menyusun format penilaian kinerja dikarenakan struktur kurikulum yang berubah-ubah. Penilaian yang selama ini digunakan oleh guru dalam mata pelajaran komunikasi bisnis lebih banyak mengukur ranah penilaian kognitif melalui tes dan non tes. Oleh karena itu penelitian pengembangan instrumen penilaian kinerja penting untuk dilakukan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa instrumen autentik assesment berbasis kinerja pada mata pelajaran komunikasi bisnis yang valid dan layak digunakan. Model penelitian ini mengadobsi model pengembangan Research and Development (R D) Borg Gall yang hanya menggunakan langkah pertama sampai tahap kelima saja. Langkah-langkah yang dilakukan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji coba lapangan awal (5) revisi hasil uji coba. Produk hasil pengembangan ini diuji coba melalui validasi isi dan uji coba terbatas. Validasi isi dilakukan oleh 2 dosen Manajemen dan 1 guru komunikasi bisnis. Subjek coba adalah siswa kelas X BDP 3 SMK Negeri 1 Ngawi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis data hasil validasi oleh ahli menggunakan rumus persentase. Sedangkan data kualitatif digunakan untuk menganalisis komentar dan saran dari para ahli dan guru. Berdasarkan hasil analisis data validasi produk diperoleh bahwa persentase kelayakan instrumen penilaian kognitif memiliki persentase rata-rata 95 83% dengan kriteria sangat layak instrumen penilaian psikomotor memiliki persentase rata-rata 94 73% dengan kriteria sangat layak dan kelayakan materi memiliki persentase rata-rata 96 51% dengan kriteria sangat layak . Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa analisis tingkat kesukaran soal dan daya beda soal terdapat 16 soal dinyatakan mudah 18 soal dinyatakan sedang dan 6 dinyatakan sukar. Sedangkan untuk daya beda soal diperoleh hasil 11 soal dinyatakan sangat baik 12 dinyatakan baik 7 dinyatakan cukup baik dan 10 soal dinyatakan tidak baik. Selain itu tanggapan guru terhadap kepraktisan instrumen penilaian memiliki persentase rata-rata 100% dengan kriteria sangat layak dan uji keterbacaan lembar kerja siswa memiliki persentase rata-rata 88 57% dengan kriteria sangat layak . Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba terbatas menunjukkan bahwa seluruh instrumen penilaian autentik berbasis kinerja hasil ii pengembangan telah memenuhi kriteria valid dan layak dan dapat digunakan dan diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Saran diseminasi produk dapat dilakukan melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran Produktif (MGMP) jurusan bisnis daring dan pemasaran. Instrumen penilaian autentik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat layak melalui proses validasi ahli dan uji coba terbatas sehingga penyebarluasan produk perlu dilakukan untuk membantu guru dalam mengembangkan penilaian autentik berbasis kinerja sesuai tuntutan kurikulum 2013. Saran penelitian lebih lanjut diharapkan untuk meneruskan tahap penelitian dan pengembangan sampai pada tahap diseminasi dan implementasi produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28114

Actions (login required)

View Item View Item