Penguatan nilai religius dalam perguruan Pagar Nusa Ranting Bukur Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk / Lisa Agustini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguatan nilai religius dalam perguruan Pagar Nusa Ranting Bukur Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk / Lisa Agustini

Agustini, Lisa (2021) Penguatan nilai religius dalam perguruan Pagar Nusa Ranting Bukur Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk / Lisa Agustini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji sejarah perguruan Pagar Nusa Desa Bukur bentuk penguatan nilai religius serta hambatan dan solusi yang ditemui. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data merupakan naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perguruan Pagar Nusa Desa Bukur didirikan pada tahun 2012 oleh Teguh Widodo perguruan ini didirikan dengan tujuan mengembangkan minat para pemuda desa Bukur. Bentuk-bentuk penguatan nilai religius dapat dilihat melalui indikator nilai amanah dan ikhlas nilai ibadah nilai ruhul jihad nilai akhlak dan kedisiplinan keteladanan serta nilai kedisiplinan. Beberapa hambatan yang ditemui dalam menguatakan nilai religius adalah naik turunnya semangat dan psikologis baik pelatih dan anggota anggota yang kadang ribut selama latihan dan sesi materi keagamaan dan ada anggota yang terlibat dalam perselisihan dan pertarungan dengan perguruan lain. Solusi yang diambil adalah memberi sanksi bagi anggota yang absen latihan tanpa alasan memberikan motivasi dan mendoakan. Solusi jika anggota ribut adalah dengan mengadakan rapat dan diskusi sehingga semua anggota dapat memberikan masukan yang positif atau motivasi. Solusi pertikaian dengan perguruan lain adalah teguran langsung dan penguatan ruhiyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281034

Actions (login required)

View Item View Item