Tanjung, Sharon Mahar (2022) Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Berbasis HOTS Melalui Simplified Approach Ditinjau dari Keyakinan Siswa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisismis konsepsi yang dialami oleh siswa kelas VII ditinjau dari keyakinan siswa dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS dengan menggunakan simplified approach pada materi aljabar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian iniadalah 5 siswa SMPN 1 Bululawang. Instrumen soal tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu butir soal tes yang memuat dua permasalahan dan pedoman wawancara. Soal yang diberikan berbasis HOTS dan dirancang dapat dikerjakan dengan menggunakan simplified approach. Pedoman wawancara digunakan untuk mewawancarai siswa guna untuk mengkonfirmasi hasil jawaban siswa. Semua instrumen dalam penelitian ini telah divalidasi oleh validator. Hasil jawaban dan hasil wawancara siswa dianalisis dengan metode CRI. Hasil dari penelitian ini terdapat 2 dari 5 siswa yang mengalamim iskonsepsi pada simbol operasional, 3 dari 5 siswa yang mengalamimi skonsepsi pada penggunaan kata atau variabel, 1 dari 5 siswa mengalami miskonsepsi pada konsep kesamaan, 2 dari 5 siswa mengalamimi skonsepsi pada operasi penjumlahan dan pengurangan, dan tidak teridentifikasi siswa yang mengalami miskonsepsi pada operasi perkalian dan pembagian. Dalam menyelesaikan soal tes, siswa sudah dapat menggunakan simplified approach untuk mencoba menyelesaikan soal HOTS. Berdasarkan hasil tes dan wawancara siswa terlihat kesulitan dalam menginterpretasikan hasil temuannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ANALISIS MISKONSEPSI, ALJABAR, HOTS, SIMPLIFIED APPROACH, KEYAKINAN SISWA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 01:52 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 01:52 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2807 |
Actions (login required)
View Item |