Perbedaan implementasi pembelajaran berbantuan media social dan web based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran basis data pasca pandemi / Rifqi Fadillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan implementasi pembelajaran berbantuan media social dan web based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran basis data pasca pandemi / Rifqi Fadillah

Fadillah, Rifqi Fadillah (2023) Perbedaan implementasi pembelajaran berbantuan media social dan web based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran basis data pasca pandemi / Rifqi Fadillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bentuk perkembangan teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran adalah menggunakan Social Based Learning berbasis Media Sosial Instagram dan E-Learning berbasis Web Based Learning. Observasi dan wawancara yang dilakukan oleh penulis di SMKN 12 Malang Kota Malang dengan Ibu Listyanti Dewi Astuti sebagai guru RPL di SMKN 12 Malang beliau memberikan pendapat berupa saran dan kebutuhan berdasarkan observasi guru tersebut menyarankan untuk menggunakan media pembelajaran dengan Sosial Media dan E-Learning. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen (Quasi Experiment research) (eksperimen semu) yang menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah desain dua kelompok pretest-posttest. Dalam rancangan ini dilibatkan dua kelompok yang dibandingkan yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen yakni kelas XI RPL I akan diberikan perlakuan khusus (variabel yang akan diuji akibatnya) yaitu dengan menggunakan media pembelajaran Instagram sedangkan kelompok kontrol yaitu siswa kelas XI RPL II akan diberikan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran E-Learning berbasis website. Instrumen penelitian berupa tes objektif Uji validitas menggunakan Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Analisis penelitian menggunakan uji statistik deskriptif kuantitatif. Uji prasyarat dengan uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Levene. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Hasil belajar kelompok eksperimen pada siswa kelas XI RPL mata pelajaran Basis Data dengan penerapan pembelajaran media sosial Instagram memiliki nilai rata-rata post-test yang telah memenuhi standar (2) Hasil belajar kelompok kontrol pada siswa kelas XI RPL mata pelajaran Basis Data dengan penerapan pembelajaran Web Based Learning memiliki nilai rata-rata post-test yang telah memenuhi standar (3) Penerapan Media Sosial dan Web-Based Learning pada mata pelajaran basis data terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI RPL SMKN 12 Malang secara umum rata-rata hasil belajar Pada penerapan Media Sosial lebih tinggi dari pada Web Based Learning. TRANSLATE with x English Arabic Hebrew Polish Bulgarian Hindi Portuguese Catalan Hmong Daw Romanian Chinese Simplified Hungarian Russian Chinese Traditional Indonesian Slovak Czech Italian Slovenian Danish Japanese Spanish Dutch Klingon Swedish English Korean Thai Estonian Latvian Turkish Finnish Lithuanian Ukrainian French Malay Urdu German Maltese Vietnamese Greek Norwegian Welsh Haitian Creole Persian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget Bing Webmaster Portal Back This page is in Indonesian Translate to English Afrikaans Albanian Amharic Arabic Armenian Azerbaijani Bengali Bulgarian Catalan Croatian Czech Danish Dutch English Estonian Finnish French German Greek Gujarati Haitian Creole Hebrew Hindi Hungarian Icelandic Indonesian Italian Japanese Kannada Kazakh Khmer Korean Kurdish (Kurmanji) Lao Latvian Lithuanian Malagasy Malay Malayalam Maltese Maori Marathi Myanmar (Burmese) Nepali Norwegian Pashto Persian Polish Portuguese Punjabi Romanian Russian Samoan Simplified Chinese Slovak Slovenian Spanish Swedish Tamil Telugu Thai Traditional Chinese Turkish Ukrainian Urdu Vietnamese Welsh Always translate Indonesian to EnglishPRO Never translate Indonesian Never translate unggah.lib.um.ac.id

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279727

Actions (login required)

View Item View Item