Putri, Dwivamilu Irianti (2015) Pengembangan media autoplay untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prinsip-prinsip bisnis (studi pada siswa Pemasaran kelas X di SMK Negeri 2 Blitar) / Dwivamilu Irianti Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putri D. I. 2015. Pengembangan Media Autoplay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prinsip-Prinsip Bisnis (Studi pada Siswa Pemasaran Kelas X PM di SMK Negeri 2 Blitar). Skripsi program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Heri Pratikto M.Si. (II) Dr. Ludi Wishnu Whardhana M.M. Kata Kunci Media Pembelajaran Aautoplay 8 Hasil Belajar. Media pembelajaran adalah salah satu sarana yang efektif dan efisien untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dikelas. Dengan penggunaaan media audio visual objek yang susah dijelaskan dengan kata-kata mampu digambarkan dengan jelas menggunakan visualisasi yang nyata untuk memperjelas pemahaman siswa. Penggunaan media audio visual yang berbasis teknologi dalam mengoptimalkan proses pembelajaran. Selain itu penggunaan media pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran audio visual pada kompetensi dasar Etika Binsis. Penelitian dilakukan juga untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 2 Blitar dengan menggunakan media audio visual dan tanpa mengunakan media pembelajaran audio visual. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan ini merupakan penelitian pengembangan media audio visual menggunakan langkah-langkah metode Research and Developpment (R D) yang dikembangkan oleh Sugiyono dengan tahapan (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisian desain (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk (8) uji coba pemakaian. Validator media terdiri dari ahli materi dan ahli media. Subjek uji coba lapangan adalah siswa SMK Negeri 2 Blitar kelas X program keahlian Pemasaran 85 siswa. Hasil validasi ahli materi yang mencapai (82 22 %) yang menyatakan media valid/dapat digunakan. Sedangkan hasil validasi media (83 33 %) yang menyatakan valid/dapat digunakan. Untuk validasi siswa mencapai 88 66 yang menyatakan media valid/dapat digunakan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini bisa dilihat dari rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen adalah 49 18 sedangkan hasil pre-test kelas kontrol adahal sebesar 53 42. Untuk rata-rata hasil nilai post-test kelas eksperimen adalah sebesar 79 45 dan untuk hasil post-test kelas kontrol adalah 66 84. Dengan demikian rata-rata hasil nilai post-test yang diperoleh oleh kedua kelas memiliki perbedaan jumlah rata-rata sekitar 12 61. Berdasarkan perbedaan ini dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol. Saran pemanfaatan media audio visual ini yaitu 1) Bagi guru adalah produk ini diharapakan dapat dijadikan referensi guru mata pelajaran untuk mendukung kegiatan pembelajaran di kelas 2) Bagi sekolah adalah diharapkan pihak sekolah dapat lebih meningkatkan lagi macam-macam media pembelajaran yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran di dalam kelas 3) Bagi siswa adalah dapat lebih mudah memahami materi pelajaran yang diberikan oleh guru juga dapat lebih menghemat waktu dalam penyampaian materi. Saran pengembangan lebih lanjut antara lain 1) Peneliti disarankan memasukkan lebih banyak multimedia yang bervariasi agar siswa lebih semangat dan termotivasi untuk belajar 2) peneliti disarankan menambahakan komponen lain seperti animasi pembuka yang lebih menarik serta video tutorial bagi siswa 3) peneliti disarankan menambahkan setting untuk mengubah ukuran tampilan media agar lebih fleksibel 4) peneliti disarankan untuk menggunakan validator lebih dari satu ahli media dan ahli materi yang berbeda dengan tingkatan pendidikan yang lebih tinggi bukan hanya di wilayah sekolah saja sehingga hasil validasi yang didapatkan bisa lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27948 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |