Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas X PMS SMK PGRI 2 Malang Mapel Stretegi Pemasaran) / Octavia Kurniawati Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas X PMS SMK PGRI 2 Malang Mapel Stretegi Pemasaran) / Octavia Kurniawati Wijaya

Wijaya, Octavia Kurniawati (2015) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas X PMS SMK PGRI 2 Malang Mapel Stretegi Pemasaran) / Octavia Kurniawati Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijaya Kurniawati Octavia. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Kelas X PMS SMK PGRI 2 Malang Mata Pelajaran Strategi Pemasaran). Pembimbing (I) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M (II) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Hasil Belajar Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) suatu model pembelajaran yang dirancang dan dikembangkan untuk mengembangkan kemampuan peerta didik memecahkan masalah. Pemecahan masalah dilakukan dengan pola kolaborasi dan menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yakni kemampuan analisis-sintesis dan evaluasi dalam rangka memecahkan suatu masalah secara mandiri maupun kelompok. Penelitian dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Strategi Pemasaran siswa kelas X PMS di SMK PGRI 2 Malang. (2) Model Pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Strategi Pemasaran siswa kelas X PMS di SMK PGRI 2 Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan rindakan dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (perencanaan) (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X PMS yang berjumlah 26 siswa di SMK PGRI 2 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi wawancara dokumentasi catatan lapangan dan tes formatif. Teknik analisisi data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Reduksi Data Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) penerapan pembelajaran Problem Based Learning dapat diterapkan pada kelas X PMS standar kompetensi Analisis Proses Pengembangan Produk di SMK PGRI 2 Malang. Penerpan pembelajaran Problem Based Learning dilaksanakan dua siklus dan dilakukan empat tahapan yang berjalan dengan lancar baik dari peneliti maupun siswa. (2) penerapan pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Strategi Pemasaran siswa kelas X PMS di SMK PGRI 2 Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pretest 60 posttest 69 8 kenaikan pretest ke posttest siklus I 9 8. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II pretest 74 posttest 83 2 kenaikan pretest ke postest siklus II 9 2. Apabila dibandingkan dengan nilai rata-rata pada siklus I maka nilai rata-rata pada siklus II mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27946

Actions (login required)

View Item View Item