Caroles, Maygie (2015) Pengaruh motivasi, kemandirian, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa (studi pada Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Kraksaan) / Maygie Caroles. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Caroles M. 2015. PengaruhMotivasi Kemandirian danLingkunganBelajarSiswaTerhadapPrestasiBelajarSiswa (StudiPadaSiswaJurusanPemasaran SMK Negeri 1 KraksaanTahunAjaran 2014/2015). Skripsi JurusanManajemen Prodi Pendidikan Tata Niaga FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sopiah M.Pd M.M (2) Drs. Mohammad Hari M.Si. Kata Kunci MotivasiBelajar KemandirianBelajar LingkunganBelajar PrestasiBelajar. Pendidikanpadadasarnyaadalahusahasadardanterencanauntukmewujudkansuasanabelajardan proses belajar agar pesertadidiksecaraaktifmengembangkandirinya. Pendidikantidaklepasdarikegiatanbelajar.Berhasiltidaknyapencapaiantujuanpendidikanbanyakbergantungkepadabagaimana proses belajarsiswa di sekolahdanpenguasaanmateripelajaran yang dipelajaridenganditunjukkanolehnilai yang diperolehsiswadalammatapelajaran yang bersangkutanterutamapadamatapelajarankewirausahaan. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiseberapabesarpengaruhmotivasi kemandirian danlingkunganbelajarterhadapprestasibelajarsiswamatapelajarankewirausahaan SMK Negeri 1 Kraksaan.Penelitianinidilaksanakan di SMK Negeri 1 Kraksaandenganpopulasiseluruhsiswakelas X dan XI JurusanPemasaran yang berjumlah 137 siswa. Sampeldalampenelitianiniberjumlah102 siswa. Teknikpengumpulan data dilakukandenganobservasidankusioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatankuantitatif.Nilaiprestasibelajarsiswasebagaialatpengumpul data penelitian. Dan hasilpengolahan data diketahuibahwamotivasibelajarsiswatergolongbaiksebesar 3 010 kemandirianbelajarsiswajugatergolongbaiksebesar 2 302 danlingkunganbelajarsiswatergolongbaikdengannilai rata-rata 2 605. Teknikanalisis data yang digunakanmetode statistic regresi linier berganda yang diperoleh Y 63.183 0 142X1 0 159X2 0 139X3. Hal inimenunjukkannilai Y dipengaruhi X1 X2 dan X3. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa 1) terdapatpengaruhpositifdansignifikan. MotivasiBelajarterhadapPrestasiBelajarSiswa Mata PelajaranKewirausahaan dibuktikandenganthitung 3 010 ttabel1 984 2) terdapatpengaruhpositifdansignifikanKemandirianBelajarterhadapPrestasiBelajarSiswa Mata PelajaranKewirausahaan dibuktikandenganthitung 2 302 ttabel1 984 dan 3) terdapatpengaruhpositifdansignifikanLingkunganBelajarterhadapPrestasiBelajarSiswa Mata PelajaranKewirausahaan dibuktikandenganthitung 2 605 ttabel 1 984. Saran padapenelitianiniyaitu 1) Dalammeningkatkanprestasibelajarsiswa siswatidakharusdiberipenghargaandalam proses belajarnya. Siswaharusmemiliki rasa tanggungjawabdanbisamemotivasidirinyasendiriuntukmemperolehprestasibelajar yang diinginkan 2) Siswabisamenerapkanstrategibelajar yang baikuntukmeningkatkanprestasibelajar dan 3) Guru sebaiknyadalam proses belajarmengajardikelastidakmenggunakanmetodebelajar yang monoton agar siswatidakbosandandapatlebihmenerimapembelajaran yang diberikanoleh guru. Sehingga dapatmeningkatkanprestasibelajarsiswatersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Sep 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27944 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |