Trimayda, Panggih Riski (2015) Penerapan model pembelajaran problem based introduction untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Multimedia SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang) / Panggih Riski Trimayda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Trimayda Panggih Riski. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Introduction Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan (Studi Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Multimedia SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agus Hermawan M. Si Grad Dip MGT. M. Bus (2) Drs. H. Gatot Isnani M. Si. Kata Kunci problem based introduction motivasi belajar hasil belajar Model pembelajaran Problem Based Introduction atau pembelajaran berbasis masalah merupakan merupakan inovasi dalam pembelajaran karena dalam PBM kemampuan berpikir siswa betul-betul dioptimalisasikan melalui proses kerja kelompok atau tim yang sistematis sehingga siswa dapat memberdayakan mengasah menguji dan mengembangkan kemampuan berpikirnya secara berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Introduction (2) Motivasi siswa sesudah pelaksanaan pembelajaran Problem Based Introduction (3) Hasil belajar siswa (4) Kesesuaian model Problem Based Introduction dengan siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah 42 siswa kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan data penelitian diambil dari (1) observasi (2) wawancara (3) tes (4) kuesioner (5) dokumentasi dan (6) catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup 4 tahap kegiatan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa aspek kognitif pada siklus I mengalami kenaikan nilai rata-rata sebesar 20 82%. Hasil belajar siswa aspek kognitif siklus II mengalami kenaikan rata-rata sebesar 25 1%. Nilai post test siklus I mengalami kenaikan sebesar 68 17% sedangkan nilai post test siklus II mengalami kenaikan sebesar 72 72%. Hasil belajar siswa aspek psikomotor mengalami kenaikan rata-rata sebesar 18 1%. Hasil proses belajar siswa siklus I mengalami kenaikan rata-rata sebesar 15 88%. Persentase motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Introduction mencapai rata-rata sebesar 85 79%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Introduction dilakukan selama dua siklus masing-masing dilaksanakan dua pertemuan. (2) Penerapan model pembelajaran Problem Based Introduction dapat memotivasi belajar siswa. Persentase motivasi belajar siswa mencapai rata-rata sebesar 85 79%. (3) Penerapan model pembelajaran Problem Based Introduction dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai post test pada siklus I mencapai rata-rata persentase sebesar 68 17% dan siklus II mencapai rata-rata persentase sebesar 72 72%. Sedangkan pada aspek psikomotor siklus I mencapai rata-rata persentase sebesar adalah 78 82% dan siklus II mencapai persentase rata-rata sebesar 96 92%. (4) Penerapan model pembelajaran Problem Based Introduction sesuai untuk Mata Pelajaran Kewirausahaan. Berdasarkan penelitian ini dapat diajukan beberapa saran sebagai berikut (1) Bagi siswa disarankan mengikuti proses pembelajaran dengan baik mendengarkan dan memperhatikan guru ketika menjelaskan materi. Pada saat penerapan model pembelajaran Problem Based Introduction perlu ditingkatkan kembali pemahaman terhadap materi. (2) Bagi guru mata pelajaran kewirausahaan diharapkan model pembelajaran Problem Based Introduction dapat dijadikan masukan dalam menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga dapat meningkatkan semangat belajar siswa serta meningkatkan hasil belajar. (3) Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi dengan penelitian yang serupa. Peneliti lain dapat mengembangkan dan melakukan penelitian terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan maupun mata pelajaran lain yang menuntut siswa agar lebih aktif baik lisan maupun tertulis. Peneliti juga perlu memperhatikan kondisi kelas agar kegiatan belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Introduction berjalan dengan lancar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |