Pengembangan media pembelajaran multimedia menggunakan Adobe Flash CS3 untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mapel komunikasi bisnis (studi pada siswa kelas XI Pemasaran SMKN 2 Buduran Kabupaten Sidoarjo) / Titis Rahmi Insani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran multimedia menggunakan Adobe Flash CS3 untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mapel komunikasi bisnis (studi pada siswa kelas XI Pemasaran SMKN 2 Buduran Kabupaten Sidoarjo) / Titis Rahmi Insani

Insani, Titis Rahmi (2015) Pengembangan media pembelajaran multimedia menggunakan Adobe Flash CS3 untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mapel komunikasi bisnis (studi pada siswa kelas XI Pemasaran SMKN 2 Buduran Kabupaten Sidoarjo) / Titis Rahmi Insani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Insani Titis Rahmi. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Menggunakan Adobe Flash CS3 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mapel Komunikasi Bisnis (Studi Pada Siswa Kelas XI Pemasaran SMKN 2 Buduran Kabupaten Sidoarjo). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. (2) Dr. Wening Patmi Rahayu S. Pd M.M. Kata Kunci media pembelajaran hasil belajar Perspektif pendidikan yang masih cenderung konvensional yaitu interaksi dalam proses belajar mengajar yang berjalan searah menjadikan fungsi dan peran guru menjadi amat dominan sehingga menjadikan kondisi pembelajaran menjadi tidak proporsional. Dalam hal ini media pembelajaran dibutuhkan oleh guru untuk menyampaikan/menyalurkan informasi pada proses pembelajaran guna memaksimalkan tujuan pembelajaran. Media pembelajaran dapat dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu guru dituntut dapat mengembangkan keterampilan membuat media pembelajaran yang akan digunakan jika media belum tersedia. Pada era globalisasi yang mengedepankan teknologi saat ini salah satu media yang berkembang adalah multimedia. Mendeskripsikan Komunikasi Pelanggan merupakan salah satu Kompetensi Dasar yang diajarkan di kelas XI Program Keahlian Pemasaran SMKN 2 Buduran Kabupaten Sidoarjo. Melalui media pembelajaran multimedia yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Program Keahlian Pemasaran pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Komunikasi Pelanggan. Pengembangan media pembelajaran multimedia ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan produk media pembelajaran multimedia dengan menggunakan Adobe Flash CS3 pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis yang tervalidasi (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media pembelajaran multimedia menggunakan Adobe Flash CS3 dan yang tidak menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis. Penelitian pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development yang dikembangkan oleh Borg Gall melalui tahapan (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji coba awal (5) revisi hasil uji coba produk awal (6) uji coba lapangan terbatas dan (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan. Validasi media dilakukan oleh 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Uji coba media diujikan kepada siswa SMKN 2 Buduran Kabupaten Sidoarjo kelas XI Program Keahlian Pemasaran. Pemberian angket siswa bertujuan untuk mengetahui respon siswa mengenai media pembelajaran dan validasi media pembelajaran. Rancangan penelitian menggunakan posstest untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran multimedia terhadap hasil belajar siswa. Kelayakan soal posstest didasarkan pada uji coba tingkat kesukaran dan daya pembeda soal Hasil validasi materi mencapai 92 3% yang menyatakan media pembelajaran multimedia sangat layak untuk digunakan hasil validasi ahli media mencapai 94 11% yang menyatakan bahwa media sangat layak digunakan untuk proses pembelajaran dan validasi siswa mencapai 85 88% yang juga menyatakan bahwa media pembelajaran multimedia sangat layak digunakan. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran multimedia menggunakan Adobe Flash CS3 sangat berguna mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai posttest untuk kelas kontrol adalah 64 54 dan kelas eksperimen sebesar 71 06 artinya adanya perbedaan hasil belajar siswa antara siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Saran pemanfaatan media pembelajaran multimedia ini yaitu (1) sebelum menggunakan media pembelajaran multimedia pastikan LCD Proyektor telah tersedia dan siap untuk digunakan sebagai penghubung antara komputer untuk menampilkan media pembelajaran multimedia ini (2) pada ruangan kelas harus dilengkapi sound agar siswa dapat mengetahui dan mendengarkan percakapan atau pembicaraan pada video yang ditampilkan pada media pembelajaran (3) pihak sekolah harus memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran multimedia berbasis flash bagi guru dan guru harus mau berubah dari metode mengajar dengan menggunakan media konvensional menjadi metode mengajar yang memanfaatkan teknologi. (4) guru juga dapat menambahkan penjelasan atau pengalamannya yang belum terdapat dalam media pembelajaran multimedia untuk memperluas wawasan siswa dan (5) Siswa dalam memanfaatkan media pembelajaran juga disarankan untuk mempelajari buku lain dengan materi yang sama untuk menambah wawasan dan mempermudah dalam pengerjaan soal yang terdapat di dalam media pembelajaran. Saran pengembangan lebih lanjut pada penelitian pengembangan media pembelajaran multimedia menggunakan Adobe Flash CS3 adalah media pembelajaran multimedia menggunakan Adobe Flash CS3 bersifat dinamis. Oleh karena itu saran untuk memasukkan lebih banyak video yang kontekstual dengan banyak menampilkan ilustrasi terkait materi maupun soal latihan yang lebih bervariasi agar motivasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat secara optimal. Saran yang lain untuk peneliti selanjutnya adalah memilih materi atau kompetensi yang lebih susah dan menantang dalam pembuatan media pembelajaran multimedia menggunakan Adobe Flash CS3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27923

Actions (login required)

View Item View Item