Rasyid, Annisa (2015) Pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran produktif (studi pada kelas X Kelompok Bisnis Manajemen di SMK Negeri 1 Bojonegoro tahun ajaran 2014/2015) / Annisa Rasyid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rasyid A. 2015. Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif (Studi Pada Siswa Kelas X Kelompok Bisnis Manajemen Di SMK Negeri 1 Bojonegoro Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Mohammad Hari M.Si. (II) Handri Dian Wahyudi S.Pd. S.E. M.Sc. Kata kunci Fasilitas Belajar Lingkungan Belajar dan Hasil Belajar Penentu keberhasilan proses belajar banyak melibatkan beberapa faktor atau komponen yang mendukung. Salah satunya adalah fasilitas belajar dan lingkungan belajar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Kelompok Bisnis Manajemen SMK Negeri 1 Bojonegoro tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas dari penelitian ini adalah (X1) Fasilitas Belajar dan (X2) Lingkungan Belajar dengan variabel terikatnya adalah Hasil belajar siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X kelompok bisnis manajemen SMK Negeri 1 Bojonegoro yang berjumlah 249 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 153 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik proportional random sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) fasilitas belajar tergolong baik lingkungan belajar tergolong baik dan hasil belajar siswa kelas X Kelompok Bisnis Manajemen SMK Negeri 1 Bojonegoro tahun ajaran 2014/2015 yang tergolong baik 2) Terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Produktif kelas X kelompok bisnis manajemen SMK Negeri 1 Bojonegoro Tahun Ajaran 2014/2015 3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan hasil belajar mata pelajaran Produktif kelas X kelompok bisnis manajemen SMK Negeri 1 Bojonegoro Tahun Ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan 1) Bagi siswa diharapkan dapat menggunakan fasilitas yang sudah diberikan orang tua ataupun pihak sekolah dengan baik. tidak menyalah gunakan fasilitas yang sudah diberikan 2) Bagi SMK Negeri 1 Bojonegoro sudah memberikan fasilitas belajar yang baik adapun yang harus ditingkatkan adalah pemanfaatan fasilitas yang ada tersebut seperti pemanfaatan laboratorium yang kurang maksimal penggunaan alat-alat laboratoriumnya kelengkapan buku-buku yang ada di perpustakaan 3) Bagi Orang tua hendaknya memberikan fasilitas yang lebih penting dan memadai bagi siswa seperti buku penunjang yang dibutuhkan siswa untuk bahan baca dirumah 4) Bagi Guru SMK Negeri 1 Bojonegoro seharusnya dalam hal memanfaatkan sumber belajar khususnya perpustakaan yang masih jarang digunakan oleh siswa hendaknya guru membimbing dan mendorong siswa agar memanfaatkan dengan baik sumber belajar yang sudah disediakan oleh sekolah 5) Saran berikutnya ditujukan kepada peneliti sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa seperti bakat minat motivasi dan cara belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27921 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |