Febrianti, Sabrina Aura (2015) Pengaruh kepercayaan diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif (studi kasus pada siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2014/2015) / Sabrina Aura Febrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Febrianti S.A. 2015. Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Malang Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Suharto S.M. M.Pd. M.M. (II) Drs. H. Mohammad Hari M.Si. Kata kunci kepercayaan diri motivasi belajar prestasi belajar Kepercayaan diri dan motivasi belajar merupakan salah faktor yang mempengaruhi kesuksesan hidup manusia. Begitu pula dalam proses belajar mengajar kepercayaan diri dan motivasi belajar merupakan salah faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Kepercayaan diri membuat siswa percaya dan yakin akan kemampuan yang dimiliki dan motivasi belajar membuat siswa memiliki dorongan untuk selalu berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi kepercayaan diri dan motivasi belajar. (2) Deskripsi prestasi belajar siswa. (3) Pengaruh kepercayaan diri dan motivasi belajar secara parsial terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMK PGRI 2 Malang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas dari penelitian ini adalah (X1) kepercayaan diri dan (X2) motivasi belajar dengan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang yang berjumlah 167 siswa. Berdasarkan perhitungan rumus Slovin sampel yang digunakan sebanyak 118 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik proportional random sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan lima opsi jawaban yaitu sangat setuju dengan skor 5 setuju dengan skor 4 cukup setuju dengan skor 3 tidak setuju dengan skor 2 dan sangat tidak setuju dengan skor 1. Untuk mempermudah peneliti memberi gambaran tentang kepercayaan diri dan motivasi belajar maka distribusi frekuensi yang menyatakan sangat tidak setuju menjadi sangat kurang baik tidak setuju menjadi kurang baik cukup setuju menjadi cukup baik setuju menjadi baik dan sangat setuju menjadi sangat baik. Sedangkan prestasi belajar diklasifikasikan menjadi kurang (1 00-1 50) cukup (1 51-2 50) baik (2 51-3 50) dan sangat baik (3 51-4 00). Jenis data penelitian ini adalah data ordinal yang diperlakukan sebagai data interval. Sumber data berasal dari data primer yang didapat dari responden dan data sekunder yang didapat dari guru tentang rata-rata nilai kognitif afektif dan psikomotor siswa pada rapor semester gasal. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Untuk uji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas dengan melihat grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual. (2) Uji multikolinearitas yang dapat dilihat dari nilai TOL (Tolerance) dan VIF (Variance Inflation Factor) pada model regresi. (3) Uji heteroskedastisitas dengan melihat grafik scatterplot. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik menyebar di sekitar garis diagonal pada gambar grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual. (2) Model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada gambar grafik scatterplot tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. (3) Model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas. Jadi model regresi layak untuk digunakan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Kepercayaan diri pada siswa dapat diklasifikasikan sangat baik. (2) Motivasi belajar pada siswa dapat diklasifikasikan sangat baik. (3) Prestasi belajar siswa termasuk dalam klasifikasi baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh negatif yang signifikan antara kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Produktif. (2) Ada pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Produktif. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 16 for windows. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi Guru SMK PGRI 2 Malang dalam penelitian ini diharapkan guru memberikan pengarahan kepada siswa untuk tidak membiasakan mencontek hasil belajar teman dan membiasakan siswa untuk membaca materi sebelum proses pembelajaran berlangsung agar siswa memahami materi yang dijelaskan oleh guru sehingga siswa mendapatkan prestasi yang memuaskan. (2) Bagi siswa SMK PGRI 2 Malang diharapkan dapat mempertahankan kepercayaan diri dan motivasi belajar yang dimiliki dengan selalu percaya dan optimis akan kemampuannya serta selalu semangat belajar untuk mecapai cita-cita. (3) Bagi orang tua hendaknya selalu memberikan dorongan menghargai kemampuan anak dan selalu memberikan solusi belajar kepada anak agar anak selalu semangat untuk mencapai prestasi. (4) Bagi peneliti peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini sebaiknya melakukan penelitian terhadap faktor intern atau ekstern lainnya yang mempengaruhi prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |