Penerapan model pembelajaran savi untuk meningkatkan pemahaman konsep 2d drawing pada mata pelajaran gambar teknik manufaktur kelas XII Teknik Pemesinan di SMKN 1 Blitar / AMBAR ISNA AZIZAH - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran savi untuk meningkatkan pemahaman konsep 2d drawing pada mata pelajaran gambar teknik manufaktur kelas XII Teknik Pemesinan di SMKN 1 Blitar / AMBAR ISNA AZIZAH

Azizah, Ambar Isna (2023) Penerapan model pembelajaran savi untuk meningkatkan pemahaman konsep 2d drawing pada mata pelajaran gambar teknik manufaktur kelas XII Teknik Pemesinan di SMKN 1 Blitar / AMBAR ISNA AZIZAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adanya capaian belajar yang belum memenuhi KKM pada mata pelajaran gambar manufaktur khususnya materi 2D drawing di kelas XII TPM menjadi suatu perhatian khusus dengan mengingat 2D drawing merupakan salah satu urgensi dalam mata pelajaran gambar manufaktur. Penerapan model pembelajaran SAVI dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan capaian belajar agar memenuhi KKM. Model pembelajaran SAVI dijabarkan sebagai somatic (belajar dengan melakukan) auditory (belajar dengan mendengar) visualization (belajar dengan mengamati) dan intellectually (belajar secara intelektual). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran SAVI terhadap pemahaman konsep 2D drawing siswa. Hal tersebut ditinjau dari indikator pemahaman konsep yang sesuai dengan materi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan dua kelas yaitu kelas eksperimen (dengan SAVI) dan kelas kontrol (tanpa SAVI). Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah true experiment bermodel pretest posttest control group design dan teknik analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII TPM 3 (berjumlah 32 siswa) dan kelas XII TPM 1 (berjumlah 35 siswa). Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes berbentuk soal pilihan ganda. Hasil dari penelitian menunjukkan (1) nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 85 19 dengan persentase ketuntasan 87% (2) nilai rata-rata kelas kontrol adalah 75 3 dengan persentase ketuntasan 66% dan (3) terdapat peningkatan pemahaman konsep 2D drawing pada siswa setelah diterapkan model pembelajaran SAVI dibuktikan melalui nilai signifikansi hasil uji independent sample t-test sebesar 0 002 lt 0 05. Hasil pada penelitian ini juga membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI dapat memberikan ketuntasan hasil belajar yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Mar 2023 04:29
Last Modified: 24 Sep 2024 02:11
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279096

Actions (login required)

View Item View Item