Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran perencanaan pemasaran (studi pada siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK PGRI 2 Malang) / M. Rizki Perdana Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran perencanaan pemasaran (studi pada siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK PGRI 2 Malang) / M. Rizki Perdana Putra

Putra, M. Rizki Perdana (2015) Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran perencanaan pemasaran (studi pada siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK PGRI 2 Malang) / M. Rizki Perdana Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putra M. Rizki Perdana. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perencanaan Pemasaran. (Studi Pada Siswa Kelas X Jurusan Pemasaran SMK PGRI 2 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S-1pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si (II) Drs. Mohammad Hari M.Si Kata Kunci Numbered Head Together (NHT) Aktivitas Hasil Belajar. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) adalah struktur yang melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dengan pembentukan kelompok-kelompok kecil. Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat kali pertemuan.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) (2) untuk mengetahui aktivitas belajar dan (3) untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa pada model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada Mata Pelajaran Perencanaan Pemasaran siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang (4) untuk mengetahui kendala-kendala dari penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran NHT Numbered Head Together (NHT) sudah berjalan dengan baik siswa antusias dalam kegiatan diskusi dan siswa dapat mengungkapkan pendapat dengan baik walaupun pendapat siswa terkadang kurang sesuai dengan materi yang dibahas (2) hasil nilai aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I 74 38% meningkat di siklus II menjadi 87 19%. (3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I rata-rata kelas sebelum tindakan 62 57% dengan ketuntasan klasikal 30 30% sesudah di beri tindakan rata-rata kelas menjadi 79 24 dengan ketuntasan klasikal 78 78% pada siklus II mengalami peningkatan sebelum di beri tindakan rata-rata sebesar 62 72% dengan ketuntasan klasikal 36 36% setelah diberi tindakan menjadi rata-rata 83 78 dengan ketuntasan klasikal 87 87%. (4) pada siklus I siswa masih kesulitan dalam menerima model Numbered Head Together (NHT) kurang terampilnya guru dalam mengelolah kelas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan saran yang diberikan oleh peneliti adalah 1) guru harus mulai membiasakan menerapkan model pembelajaran kooperatif agar siswa dapat menyesuaikan dengan model pembelajaran. 2) dalam pengelolaan pembelajaran di kelas guru harus selalu memberi arahan dan motivasi kepada siswa agar siswa lebih tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. 3) guru harus lebih terampil dalam mengelola dan mengkondisikan kelas agar siswa dapat mengikuti rangkaian proses pembelajaran dikelas dengan baik. 4) penguasaan materi harus lebih diperhatikan agar tidak terjadi mis komunikasi dengan siswa saat proses pembelajaran. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27905

Actions (login required)

View Item View Item