Penerapan kolaborasi model pembelajaran STAD dengan tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran strategi pemasaran (studi pada siswa kelas X PBR SMK PGRI 2 Malang) / Destri Cahyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi model pembelajaran STAD dengan tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran strategi pemasaran (studi pada siswa kelas X PBR SMK PGRI 2 Malang) / Destri Cahyono

Cahyono, Destri (2015) Penerapan kolaborasi model pembelajaran STAD dengan tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran strategi pemasaran (studi pada siswa kelas X PBR SMK PGRI 2 Malang) / Destri Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cahyono Destri. 2015. Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran STAD Dengan Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Strategi Pemasaran (Studi pada Siswa Kelas X PBR SMK PGRI 2 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suwarni M. Si (II) Drs. Mohammad Hari M. Si Kata kunci STAD Tutor Sebaya Hasil Belajar. Sebagian siswa kelas X PBR di SMK PGRI 2 Malang pada mata pelajaran Strategi Pemasaran memperoleh hasil belajar yang kurang. Salah satu pemecahannya adalah dengan menggunakan kolaborasi Model pembelajaran STAD dengan Tutor Sebaya. Selain menggunakan Model STAD yang dilakukan oleh guru bantuan teman sebaya dalam pembelajaran akan menjadi lebih efektif. Hal ini dikarenakan siswa biasanya lebih berani bertanya pada teman dari pada bertanya pada guru.Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui 1) Bagaimanakah proses penerapan kolaborasi model pembelajaran STAD dengan Tutor Sebaya pada mata pelajaran Strategi Pemasaran pada siswa di kelas X PBR SMK PGRI 2 Malang 2) Apakah penerapan kolaborasi model pembelajaran STAD dengan Tutor Sebaya pada mata pelajaran Strategi Pemasaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa di kelas X PBR SMK PGRI 2 Malang 3) Apakah kendala dan solusi saat penerapan kolaborasi model pembelajaran STAD dengan Tutor Sebaya pada mata pelajaran Strategi Pemasaran pada siswa di kelas X PBR SMK PGRI 2 Malang Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas X PBR SMK PGRI 2 Malang tahun 2014/2015. Pengumpulan data menggunakan tes observasi catatan lapangan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus mencakup 4 tahap kegiatan yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan tindakan 3) observasi dan 4) refleksi. Pelaksanaan penelitian dikelas dilaksanakan pada tanggal 19 Januari 2015 dan 26 Januari 2015. Langkah-langkah penerapan kolaborasi Model STAD dengan Tutor Sebaya yaitu 1) Menjelaskan materi menggunakan model STAD 2) Mempersilahkan siswa untuk bertanya 3) Membagi kelompok heterogen terdiri dari 4-5 siswa 4) Siswa yang pandai disebar kesetiap kelompok untuk memberikan bantuannya 5) Memberikan tugas kelompok untuk didiskusikan dengan anggota kelompoknya 6) Membimbing siswa yang perlu mendapat bimbingan 7) Perwakilan kelompok untuk maju kedepan mengemukakan hasil diskusinya 8) Menyimpulkan hasil diskusi. Hasil penelitian penerapan kolaborasi yang dilakukan di kelas X PBR SMK PGRI 2 Malang menunjukkan bahwa 1) Penerapan kolaborasi model pembelajaran STAD dengan Tutor Sebaya pada materi Strategi Pemasaran pada siswa kelas X PBR SMK PGRI 2 Malang sudah sesuai dengan rencana atau berjalan dengan baik yang dilaksanakan dalam dua siklus. Proses penerapan kolaborasi model pembelajaran STAD dengan Tutor Sebaya yaitu setelah guru menyampaikan materi siswa yang paham akan materi membantu siswa yang kurang paham. Dengan cara demikian semua siswa menjadi lebih memahami materi pelajaran dengan mudah 2) Penerapan kolaborasi model pembelajaran STAD dengan Tutor Sebaya pada mata pelajaran Strategi Pemasaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X PBR SMK PGRI 2 Malang. Hal ini dibuktikan dari meningkatnya persentase keberhasilan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar 74% menjadi 100% pada siklus II 3) Kendala dan solusi saat penerapan kolaborasi model pembelajaran STAD dengan Tutor Sebaya pada mata pelajaran Strategi Pemasaran siswa di kelas X PBR SMK PGRI 2 Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diajukan beberapa saran sebagai berikut 1) Bagi guru mata pelajaran Strategi Pemasaran dianjurkan menerapkan kolaborasi model pembelajaran STAD dengan Tutor Sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa 2) Bagi siswa dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran STAD dengan Tutor Sebaya mampu meningkatkan kreativitas mereka untuk lebih maju dengan cara terus belajar berfikir lebih kritis dan mau mengungkapkan pendapat sehingga siswa dapat meningkatkan hasil belajar 3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan perbaikan pada kekurangan yang terjadi dalam penerapan kolaborasi model pembelajaran STAD dengan Tutor Sebaya sebagai salah satu upaya peningkatan hasil belajar 4) Guru harus membantu siswa yang belum menemukan anggota kelompoknya. Guru bersama observer dapat bekerja sama dalam membantu siswa untuk mencari anggota kelompoknya. Agar suasana kelas tidak ramai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27899

Actions (login required)

View Item View Item