Hakim, Arif Rokhman (2015) Pengaruh kualitas layanan pendidikan terhadap komitmen siswa kelas XII tahun ajaran 2013/2014 pada SMK PGRI 2 Malang / Arif Rokhman Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hakim. A.R. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Komitmen Siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2013/2014 pada SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. (II) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si. Kata kunci Kualitas Layanan Komitmen Siswa 12288 12288 12288 12288 Kualitas atau quality adalah totalitas fitur dan karakteristik produk atau jasa yang bergantung pada kemampuan suatu perusahaan untuk memuaskan kebutuhan konsumen baik yang dinyatakan atau yang tersirat. Kualitas layanan merupakan kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang didapatkan oleh konsumen ketika menerima suatu pelayanan. Terdapat lima dimensi kualitas layanan (service quality) yaitu berwujud (tangible) keandalan (reliability) ketanggapan (responsiveness) jaminan dan kepastian (assurance) dan empati (empathy). Kualitas layanan dalam lembaga sekolah dimaksudkan untuk melayani siswa agar siswa merasa puas dan mau berkomitmen dengan sekolah. Dengan komitmen yang diperoleh dari siswa atas kualitas layanan tersebut diharapkan mampu untuk mempertahankan nama baik sekolah dan dapat meningkatkan citra sekolah menjadi lebih baik di mata masyarakat. 12288 12288 12288 12288 Kualitas layanan sangat diperlukan. Oleh karena itu karyawan maupun guru harus bisa menimbulkan citra baik di depan siswa untuk menimbulkan sikap berkomitmen dari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi berwujud keandalan ketanggapan jaminan dan kepastian dan empati. (2) Deskripsi komitmen siswa. (3) Pengaruh berwujud keandalan ketanggapan jaminan dan kepastian dan empati secara parsial terhadap komitmen siswa kelas XII tahun ajaran 2013/2014 SMK PGRI 2 Malang. (4) Pengaruh berwujud keandalan ketanggapan jaminan dan kepastian dan empati secara simultan terhadap komitmen siswa kelas XII tahun ajaran 2013/2014 SMK PGRI 2 Malang. (5) Pengaruh dominan dari berwujud keandalan ketanggapan jaminan dan kepastian dan empati terhadap kepuasan siswa kelas XII tahun ajaran 2013/2014 SMK PGRI 2 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai Oktober. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Variabel bebas dari penelitian ini ada lima yaitu berwujud (X1) keandalan (X2) ketanggapan (X3) jaminan dan kepastian (X4) dan empati (X5) dengan variabel terikatnya adalah komitmen siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 184 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 119 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik stratified random sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan lima opsi jawaban yaitu sangat setuju dengan skor 5 setuju dengan skor 4 cukup setuju dengan skor 3 tidak setuju dengan skor 2 dan sangat tidak setuju dengan skor 1. Untuk memudahkan peneliti saat memberi gambaran tentang kualitas layanan dan komitmen maka distribusi frekuensi yang menyatakan sangat tidak setuju menjadi sangat buruk tidak setuju menjadi buruk cukup setuju menjadi cukup baik setuju menjadi baik dan sangat setuju menjadi sangat baik. Jenis data penelitian ini adalah data ordinal yang diperlakukan sebagai data interval. Sumber data berasal dari data primer yang berasal dari responden dan sekunder yang di dapat dari TU yang digunakan untuk melihat gambaran umum tentang sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Untuk uji kelayakan instrument digunakan uji validitas dan reliabilitas dengan bantuan SPSS 19 for Windows. Penelitian ini juga menggunakan beberapa model uji asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas dengan melihat grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual. (2) Uji multikolinearitas yang dapat dilihat dari nilai tolerance dan VIF pada model regresi. (3) Uji heteroskedastisitas dengan melihat grafik scatterplots. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis deskriptif dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berwujud sudah cukup baik keandalan sangat baik ketanggapan tergolong sudah baik jaminan dan kepastian sudah cukup baik dan empati tergolong sudah baik. Dari seluruh indikator tersebut kualitas layanan yang diterima sudah baik. (2) Variabel komitmen siswa adalah baik. (3) Untuk berwujud keandalan dan ketanggapan tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan terhadap komitmen siswa. Sedangkan untuk variabel jaminan dan kepastian dan empati terdapat pengaruh positif yang signifikan terhadap komitmen siswa. (4) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kualitas layanan (berwujud keandalan ketanggaan jaminan dan kepastian dan empati) terhadap komitmen siswa. (5) Empati mempunyai pengaruh yang dominan yaitu sebesar 0 382 dan yang terkecil adalah variabel keandalan yaitu sebesar -0 075. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan uraian di atas peneliti menyarankan (1) Untuk mempertahankan sekaligus menambah komitmen siswa maka perlu diperbaiki lagi cara para karyawan dan guru disaat memberikan pelayanan kepada siswa baik di dalam ruang kelas ataupun di sekitar lingkungan sekolah. (2) Demi kemajuan SMK PGRI 2 Malang diharapkan kepada pihak sekolah untuk bisa menjadikan penelitian ini sebagi bahan pertimbangan untuk menentukan arah perbaikan sekolah baik perbaikan dalam hal fasilitas maupun perbaikan dalam segi pelayanan siswa. (3) Untuk penelitian lain yang tertarik dengan penelitian ini sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut tentang variabel lain seperti kondisi lingkungan sekolah lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat yang dapat mempengaruhi komitmen siswa terhadap sekolah maupun komitmen dari subyek lain untuk sebuah lembaga. 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27894 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |