Permana, Wendy (2014) Pengembangan media pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas X SMK Negeri 4 Malang / Wendy Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Permana Wendy. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Kelas X SMK Negeri 4 Malang. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Aniek Indrawati S.Si M.M (2) Lohana Juariyah S.E M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran e-learning Articulate Studio Pro 13 LMS Moodle Produk KerajinanTekstil ADDIE 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran prakarya dan kewirausahaan berupa website e-learning yang menggunakan LMS Moodle dan Articulate Studio Pro 13 dengan materi pelajaran produk kerajinan tekstil. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Dengan rincian (1) Analysis (meliputi studi pendahuluan analisis kurikulum analisis kebutuhan) (2) Design (meliputi pembuatan garis-garis besar isi e-learning penyusunan kerangka e-learning (3) Development (meliputi pembuatan media e-learning dengan menggunakan Articulate Studio Pro 13 pengemasan dan penyajian LMS Moodle pendesainan quiz pengujian oleh ahli media dan ahli materi) (4) Implementation (meliputi uji kelas kecil dan uji kelas besar di sekolah) dan (5) Evaluation (meliputi indicator keberhasilan media yang mengevaluasi setiap tahapan pengembangan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi ahli media menyatakan media valid/sangat berguna hal ini dapat dilihat dari perhitungan total skor sebesar 89% (2) hasil validasi ahli materi menyatakan materi valid/sangat berguna hal ini dapat dilihat dari perhitungan total skor sebesar 87%. Saran pemanfaatan media e-learning untuk pengguna diantaranya yaitu (1) jika menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis website emaka siswa atau sekolah harus memiliki fasilitas seperti internet smartphone iPad laptop atau jenis device lain yang mendukung dalam pengaksesan internet. (2) untuk menggunakan secara offline melalui DVD maka siswa perlu meemiliki CPU atau laptop. Saran diseminasi media e-learning diantaranya (1) penggunaan produk media pembelajaran e-learning pada materi produk kerajinan tekstil pada skala yang lebih luas dapat diterapkan secara bertahap (2) pengembangan media e-learning digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan minat belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan pada materi pokok produk kerajinan tekstil. Saran pengembangan produk lebih lanjut diantaranya (1) untuk peneliti selanjutnya disarankan agar memperbaiki kualitas produk baik dari segi materi maupun tampilan agar produk yang dihasilkan lebih baik lagi dan lebih menarik minat belajar siswa (2) peneliti selanjutnya diharapkan dapat membuat media e-learning untuk mata pelajaran yang lebih sesuai untuk penerapan model pembelajaran jarak jauh (3) peneliti selanjutnya lebih baik menggunakan lebih dari satu ahli media dan ahli materi dalam m
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27891 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |