Prasasti, Tias (2022) E-modul akuntansi lembaga/instansi pemerintah berbasis problem based learning pada Guru Akuntansi SMK Negeri 1 Tegalsari (participation action research) / Tias Prasasti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun bahan ajar melalui e-modul berbasis problem-based learning. Penerapan ini dilakukan melalui pelatihan dan pendampingan kepada guru pengampu mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga atau instansi pemerintah sebagai subjek penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil observasi wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Participation Action Research (PAR). Tahapan pada penelitian ini adalah perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan guru SMK Negeri 1 Tegalsari dalam menyusun e-modul Akuntansi Desa berbasis PBL yang dilakukan oleh peneliti bersama subjek penelitian dapat diterima dan dilaksanakan sesuai dengan tahap-tahap yang direncanakan. Pengembangan bahan ajar ini dinilai bermanfaat dan dapat diterima penggunaannya untuk meningkatkan kemandirian peserta didik terutama pada pembelajaran daring. Tingkat kemampuan subjek penelitian dalam mengembangkan bahan ajar berupa e-modul Akuntansi Desa berbasis PBL mengalami peningkatan secara signifikan setelah dilaksanakannya kegiatan PAR.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/278563 |
Actions (login required)
View Item |