Pengaruh project based learning dengan pendekatan steam terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran online diSMK Negeri 12 Malang / Gita Putri Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh project based learning dengan pendekatan steam terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran online diSMK Negeri 12 Malang / Gita Putri Cahyani

Cahyani, Gita Putri (2022) Pengaruh project based learning dengan pendekatan steam terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran online diSMK Negeri 12 Malang / Gita Putri Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberhasilan belajar selain ditentukan dengan penerapan model belajar juga dapat ditentukan dari faktor dalam diri setiap peserta didik. Peserta didik yang memaksimalkan penerapan berpikir secara kritis dalam menanggapi berbagai permasalahan dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Model pembelajaran project based learning dengan pendekatan STEAM mampu menumbuhkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini ialah guna mengetahui pengaruh dari Project Based Learning dengan pendekatan STEAM terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran online pada sekolah kejuruan Akuntansi SMKN 12 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMKN 12 Malang kelas X. Subjek penelitian berjumlah 72 peserta didik. Sampel yang digunakan diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes berbentuk essay berjumlah sepuluh butir. Teknik analisis data menggunakan analisis independent sample t-Test dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pembelajaran dengan model PjBL dengan pendekatan STEAM terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran online. Kemampuan berpikir kritis peserta didik pada saat pretest serta posttest mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan melalui perbedaan nilai gain score yang didapat peserta didik dari nilai pretest serta posttest yang lebih tinggi kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278521

Actions (login required)

View Item View Item