Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pelayanan prima (studi pada siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK PGRI 2 Malang) / Dita Martha Salecha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pelayanan prima (studi pada siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK PGRI 2 Malang) / Dita Martha Salecha

Salecha, Dita Martha (2014) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pelayanan prima (studi pada siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK PGRI 2 Malang) / Dita Martha Salecha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salecha Dita. M. 2013. Penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pelayanan prima (studi pada siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK PGRI 2 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si (II) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M. Kata kunci Aktivitas Belajar Hasil Belajar Model Pembelajaran STAD Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan memperbesar peluang pencapaian keberhasilan belajar siswa. Pemilihan model belajar harus memperhatikan kemampuan siswa yang secara umum tidak sama antara siswa yang satu dengan yang lain. Factor utama adalah intelegensi dan latarbelakang siswa yang beragam. Selain itu daya serap terhadap materi pelajaran antara siswa satu dengan siswa yang lain tidak sama sehingga mempengaruhi hasil belajar yang dicapai. Oleh karena itu guru perlu alternative model pembelajaran untuk mengatasi keberagaman karakteristik siswa tersebut. Alternative yang dapat dilakukan guru yaitu melalui penggunaan model pembelajaran STAD dengan menggunakan pembelajaran model STAD siswa akan dikelompokkan kedalam kelompok awal yang dibentuk secara heterogen dengan tujuan agar dapat saling bekerjasama dan bertukar informasi antar siswa yang beragam tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran kooperatif model STAD terhadap aktivitas dan hasil belajar Pelayanan Prima. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang. Instrumen penelitian berupa tes yang terdiri dari post-test. Analisis data untuk aktivitas data dihitung dengan membagi skor tiap descriptor dengan total descriptor kemudian dikali 100. Sedangkan untuk menghitung rata-rata dari hasil belajar dengan membagi jumlah nilai keseluruhan dengan jumlah siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar Pelayanan Prima. Selain itu hasil belajar siswa kelas X Pemasaran juga mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pelayanan Prima pada kelas X Pemasaran di SMK PGRI 2 Malang. Saran yang diajukan untuk guru bidang studi Pelayanan Prima adalah menjadikan model STAD sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah untuk mengujicobakan model STAD pada materi berbeda dan jenjang kelas atau sekolah yang lebih tinggi serta mengkombinasikan dengan media pembelajaran yang lebih variatif sehingga tampak pengaruh yang besar terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dan memperoleh manfaat yang lebih besar dari model STAD

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27828

Actions (login required)

View Item View Item