Penerapan bahan ajar kewirausahaan berbasis cerita berdasarkan model 4D Thiagarajan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (srudi pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tahun ajaran 2012/2013) / Lilis Sugi Rahayu Ninsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan bahan ajar kewirausahaan berbasis cerita berdasarkan model 4D Thiagarajan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (srudi pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tahun ajaran 2012/2013) / Lilis Sugi Rahayu Ninsih

Ningsih, Lilis Sugi Rahayu (2013) Penerapan bahan ajar kewirausahaan berbasis cerita berdasarkan model 4D Thiagarajan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (srudi pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tahun ajaran 2012/2013) / Lilis Sugi Rahayu Ninsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Berbasis Cerita Model 4D Thiagarajan Hasil Belajar Beberapa masalah yang terjadi dalam pengajaran kewirausahaan di sekolah menengah atas adalah (1) literatur yang tidak memenuhi standart (2) kurang menariknya literatur (3) keterbatasan literatur. Masalah pertama dapat diatasi dengan menggunakan menyesuaikan standart kompetensi kompetensi dasar dan indikator sesuai dengan silabus sebagai pedoman. Masalah kedua dapat diatasi dengan membuat bahan ajar yang menarik siswa. Salah satunya adalah kemudahan untuk memahami materi yang dijelaskan dengan mengadopsi cerita-cerita sesuai materi. Masalah ketiga dapat diatasi dengan menyediakan bahan ajar yang dapat dipelajari secara individual oleh siswa di luar kelas. Tujuan pengembangan ini adalah untuk (1) memberikan alternative literatur (2) mengadakan novasi dalam pembelajaran (3) mengetahui efektivitas bahan ajar yang dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pengembangan bahan ajar mengadopsi model 4-D dari Thiagarajan dkk yang terdiri dari 4 langkah. Langkah pertama terdiri dari tiga kegiatan utama yaitu (1) analisis akhir depan atau analisis kompetensi dasar dan standar kompetensi untuk topik melakukan usaha kecil/mokro (2) analisis kebutuhan siswa dan (3) penyusunan indikator hasil belajar. Langkah kedua adalah desain bahan ajar yang akan dikembangkan. Langkah ketiga adalah pengembangan bahan ajar. Langkah keempat adalah penyebaran bahan ajar yang dikembangkan namun pada penelitian ini tidak dilakukan lankah keempat dikarenakan keterbatasan waktu dan dana. Sebelum langkah keempat materi pembelajaran yang dikembangkan ditelaah oleh dua dosen manajemen Universitas Negeri Malang (UM) dan satu guru guru kewirausahaan untuk mengetahui kevalidan bahan ajar tersebut. Validasi ini digunakan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang telah dikembangkan berdasarkan isi bahasa dan penyajiannya. Sedangkan untuk keefektifan bahan ajar yang dikembangkan didasarkan pada prestasi belajar 26 siswa SMK Muhammadiyah 5 kepanjen yang terlibat dalam pengembangan bahan ajar. Keefektifan bahan ajar didasarkan pada post test hasil belajar siswa. Data pengembangan yang dikumpulkan terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif terdiri dari masukan dan saran untuk perbaikan materi pembelajaran yang dikembangkan diberikan oleh dosen manajemen dan guru kewirausahaan. Data kuantitatif terdiri dari jawaban angket tentang kelayakan bahan ajar dan hasil siswa ketika mengerjakan soal pada bahan ajar. Data kuantitatif dikumpulkan melalui angket dan tes hasil belajar siswa. Tes prestasi belajar siswa terdiri dari 60 item soal dengan validitas sedang 43%. Materi pembelajaran melakukan usaha kecil/mikro yang dikembangkan terdiri darai tujuan pembelajaran indikator materi pembelajaran ringkasan evaluasi dan glosarium. Penilaian bahan ajar oleh beberapa ahli menunjukkan kelayakan sebesar 79 16% dari isi sebesar 100% kesesuaian bahasa dan sebesar 85 71% dari penyajian isi. Revisi bahan ajar telah dilakukan berdasarkan saran-saran yang diberikan oleh dosen manajemen guru dan siswa. Penerapan bahan ajar yang telah direvisi dalam menghasilkan 88% siswa mencapai kriteria kelulusan minimal (KKM). Berdasarkan hasil yang diberikan di atas dianggap bahwa bahan ajar kewirausahaan yang telah dikembangkan adalah sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Evaluasi lebih lanjut tentang kesesuaian dan efektivitas dari bahan ajar ini harus dilakukan untuk penyebaran yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27806

Actions (login required)

View Item View Item