Penerapan pembelajaran terintegrasi model Mix Pair Share dengan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Kosgoro 1 Lawang) / Dinda Rahayu Annisa Helmy - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran terintegrasi model Mix Pair Share dengan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Kosgoro 1 Lawang) / Dinda Rahayu Annisa Helmy

Helmy, Dinda Rahayu Annisa (2013) Penerapan pembelajaran terintegrasi model Mix Pair Share dengan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Kosgoro 1 Lawang) / Dinda Rahayu Annisa Helmy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Helmy Dinda Rahayu A. 2013. Penerapan Pembelajaran Terintegrasi Model Mix Pair Share dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Kewirausahaan (Studi Pada Siswa Kelas X Pemasaran SMK Kosgoro 1 Lawang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmiko R W.W M.A. M.Si. (2) Drs. Mohammad Hari M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Terintegrasi Model Mix Pair Share dengan Peta Konsep Hasil belajar Penggunaan metode pembelajaran kooperatif dalam proses pembelajaran mengkondisikan para siswa untuk bekerja bersama-sama didalam kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu satu sama lain dalam belajar. Sehingga terjadi interaksi dua arah yaitu interaksi guru dengan siswa dan antar siswa. Melalui pembelajaran kooperatif siswa bukan hanya belajar dan menerima apa yang disajikan oleh guru dalam proses belajar mengajar melainkan bisa juga belajar dari siswa lainnya dan sekaligus mempunyai kesempatan untuk membelajarkan siswa lain. Dengan pengimplemantasian pembelajaran kooperatif dalam proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat lebih termotivasi untuk memahami materi yang diajarkan sehingga hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar. Hasil pengamatan di kelas X program keahlian pemasaran SMK Kosgoro 1 Lawang dengan standar kompetensi menerapkan jiwa kepemimpinan ditemukan bahwa nilai ulangan siswa kelas X pada mata diklat kewirausahaan masih banyak yang tidak memenuhi KKM. Dimana dari 20 siswa terdapat 9 siswa yang belum tuntas belajar sedangkan 11 siswa lainnya tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas 67 25. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya motivasi belajar siswa. Kurangnya motivasi belajar siswa tentunya dipengaruhi oleh banyak hal. Oleh sebab itu sebagai seorang calon Guru yang dapat diupayakan untuk mengatasi permasalahan motivasi pada siswa adalah dengan memperbaiki suasana pembelajaran pada kelas. Motivasi belajar siswa sendiri dapat ditumbuhkan oleh guru melalui suasana pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif sehingga siswa dapat lebih senang dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan pembelajaran terintegrasi model Mix Pair Share dengan peta konsep dan hasil belajar ranah kognitif siswa setelah penerapan pembelajaran terintegrasi model Mix Pair Share dengan peta konsep. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X program keahlian pemasaran SMK Kosgoro 1 Lawang sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan penerapan pembelajaran terintegrasi model Mix Pair Share dengan peta konsep pada siklus I memperoleh persentase sebesar 86 76% sedangkan pada siklus II mengalami kenaikan sebesar 13 24% sehingga menjadi 100% dan masuk dalam kategori A yang berarti Sangat Baik . Hasil belajar ranah kognitif mengalami peningkatan.Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas untuk pre test pada siklus I yaitu 74 21 menjadi 78 06 pada siklus II. Begitu juga dengan nilai rata-rata kelas untuk post test pada siklus I yaitu 78 89 meningkat menjadi 86 94 pada siklus II. Daya iii serap klasikal untuk pre test pada siklus I yaitu 47 37% meningkat menjadi 72 22% pada siklus II sedangkan untuk post test pada siklus I yaitu sebesar 83 33% meningkat menjadi 94 44% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi Guru SMK Kosgoro 1 Lawang pembelajaran terintegrasi model Mix Pair Share dengan peta konsep sebagai alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran guru perlu menyediakan buku literatur guna memperlancar proses pembelajaran peran guru sangat diperlukan untuk memotivasi siswa memberikan pengarahan pada siswa untuk percaya diri sehingga diharapkan berdampak pada hasil belajar siswa yang lebih baik penataan ruang kelas harus disesuaikan dengan kebutuhan agar siswa tidak kesulitan pada saat mengelilingi kelas (2) Bagi siswa pada saat pembelajaran terintegrasi model Mix Pair Share dengan peta konsep perlu meningkatkan keaktifan bertanya maupun berpendapat agar lebih memahami materi dan membuat suasana di dalam kelas menjadi lebih hidup (3) Bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran terintegrasi model Mix Pair Share dengan peta konsep yang lebih kreatif dan inovatif pada standar kompetensi yang sama atau lainnya yang sesuai dengan karakteristik model pembelajaran serta dalam pelaksanaan tindakan hendaknya lebih memperhatikan penggunaan media dan tata ruang agar penelitian dapat berjalan baik sesuai dengan rencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27804

Actions (login required)

View Item View Item