Ginantaka, Ardian Rabhista (2012) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Jasa Boga 1 mata pelajaran kewirausahaan SMKN 7 Malang) / Ardian Rabhista Ginantaka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Problem Based Learning (PBL) aktivitas belajar hasil belajar siswa Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMK Negeri 7 Malang diketahui beberapa hambatan kegiatan pembelajaran pada kelas X Jasa Boga 1 Mata Pelajaran Kewirausahaan. Hambatan yang ditemui antara lain siswa yang kurang fokus pada pelajaran sulitnya siswa untuk mengkaitkan materi pelajaran dengan masalah di dunia nyata dan nilai ulangan harian siswa banyak yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Rendahnya aktivitas siswa daalam proses belajar mengajar yang ditunjukkan dari dominasi yang banyak dari guru di dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning diharapkan siswa dapat mengikuti pelajaran yang ada di kelas dan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X JB 1 SMK Negeri 7 Malang (2) Apakah model Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran kewirausahaan dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas X JB 1 SMK Negeri 7 Malang (3) Apakah model Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran kewirausahaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X JB 1 SMK Negeri 7 Malang (4) Apa sajakah kendala dan solusi dalam penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X JB 1 SMK Negeri 7 Malang Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan alokasi waktu 2x45menit. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X JB 1 SMK Negeri 7 Malang yang berjumlah 35 siswa. Terdiri dari 29 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis dilakukan melalui reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelaajran Problem Based learning. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based learning pada mata pelajaran adaptif kewirausahaan siswa kelas X JB 1 di SMK Negeri 7 Malang ini terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Peningkatan ketuntasan belajar siswa pada ranah kognitif siklus I sebesar 60% meningkat pada siklus II sebesar 86%. Pada hasil belajar ranah afektif pada siklus I sebesar 82 1% meningkat pada siklus II sebesar 87 5%. Factor yang menghambat adalah jumlah observer yang terbatas artinya 1 observer mengamati 2 kelompok siswa rendahnya rasa percaya diri siswa dan interaksi antar siswa dalam 1 kelas masih kurang. Adapun factor yang mendukung adalah sarana dan prasarana serta kemampuan guru untuk menciptakan susasana belajar yang kondusif. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah pada tahap observasi diperlukan instrument penelitian yang dapat merekam setiap kegiatan penelitian misalnya selain menggunakan lembar observasi juga menggunakan handycamp. Proses bimbingan intensif oleh peneliti untuk memotivasi siswa dalam hal mencari jawaban atas pernyataan dan pentingnya bekerja sama dalam kelompok sangat menentukan keberhasilan pembelajaran dalam hal meningkatkan aktivitas siswa. Untuk lebih memaksimalkan observasi aktivitas siswa apabila memungkinkan setiap kelompok diamati oleh 1 orang observer dan hendaknya penelitian dilakukan bukan hanya pada mata pelajaran kewirausahaan saja tetapi juga pada mata pelajaran lain yang relevan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |