Novitasari, Henik (2012) Penerapan metode pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Pada kelasw X pemasaran kompetensi dasar mengindentifikasi hukum perlindungan konsiumen di SMK Islam Batu) / Henik Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Metode pembelajaran Mind Mapping Hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan pada Januari 2012 terhadap siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu menurut Guru SMK Islam Batu siswa masih belum mencapai kelulusan 100% dimana Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Tingkat ketuntasan siswa sebesar 30 30% untuk lebihnya siswa belum bisa mencapai KKM. Pencapaian hasil belajar yang kurang maksimal ini disebabkan oleh siswa yang kurang berkonsentrasi dalam pembelajaran dikelas ramai dan malas untuk menghafal konsep untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan metode Mind Mapping. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan metode mind mapping (2) peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode mind mapping (3) faktor penghambat pendukung dan solusi penerapan metode mind mapping pada kelas X Pemasaran di SMK Islam Batu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data dalam penelitian ini berupa uraian uraian atau kalimat yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian di kelas X SMK Islam Batu dengan kompetensi dasar mengidentifikasi hukum perlindungan konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi pedoman wawancara tes dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di SMK Islam Batu diketahui bahwa penerapan metode pembelajaran Mind Mapping (1) menjadikan siswa kreatif mampu bekerja sama dengan baik dan saling membantu untuk memahami materi (2) meningkatkan hasil belajar ranah kognitif dan afektif. Peningkatan ranah kognitif dari metode ceramah ke siklus I adalah 5 98 dan dari siklus I ke siklus II 15 85 sedangkan peningkatan ranah afektif siklus I ke siklus II adalah 27 27% (3) Dalam penerapan metode mind mapping ini terdapat faktor penghambat antara lain (a)siswa mengalami kesulitan mengerjakan Mind Mapping (b) Dibutuhkan pelatihan agar siswa terbiasa membuat Mind Mapping (c) Siswa kurang siap dalam presentasi. Faktor pendukung antara lain (a) Metode Mind Mapping sesuai dengan materi yang dipelajari (b)Digunakan sebagai variasi dalam pemilihan metode untuk peembelajaran (c) Siswa tidak bosan dalam pembelajaran dan solusinya antara lain (a) Guru perlu menjelaskan langkah-langkah pembuatan Mind Mapping secara detail (b) Pada siklus II guru meminta setiap kelompok untuk membuat Mind Mapping kembali (c) Pada siklus II menjelaskan secara garis besar materi yang akan dipresentasikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27757 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |