Setyawati, Zulfira Endah (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model Students Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Pemasaran standar kompetensi menemukan peluang baru dari pelanggan di SMK Islam Batu Malang) / Zulfira Endah Setyaw. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division (STAD) Motivasi Belajar Hasil Belajar Model Pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dan merupakan model yang paling baik untuk permulaan bagi para guru yang baru menggunakan pendekatan kooperatif. STAD terdiri atas lima komponen utama yaitu presentasi kelas tim kuis skor kemajuan individual dan rekognisi tim. Model ini melatih siswa untuk aktif dalam pembelajaran dikelas. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti menerapkan Pembelajaran Kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model Student Teams Achievement Division (2) Bagaimana motivasi belajar siswa setelah diterapkan Model Student Teams Achievement Division (3) Apakah model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar siswa (4) Apakah kendala selama pelaksanaan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui tes observasi angket wawancara dan catatan lapangan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu Malang tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 33 orang siswa dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pembelajaran model STAD meningkatkan motivasi belajar dengan data hasil angket dan hasil belajar siswa dilihat dari peningkatan hasil ulangan tes siswa siklus 1 dan siklus 2. Kesimpulan yang diperoleh dari pembelajaran STAD dapat meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa meskipun peningkatannya belum mencapai ketuntasan maksimal 100%. Saran yang dapat disampaikan yaitu 1) Bagi Kepala Sekolah SMK Islam Batu Malang menambahkan buku literature pelajaran 2) Bagi Guru Standar Kompetensi Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan dapat memotivasi siswa agar aktif dan siswa mau mengemukakan pendapat 3) Bagi siswa hendaknya lebih berani dalam mengemukakan pendapat dan membiasakan pembelajaran berkompok 4) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya dapat melakukan manajemen waktu dengan baik dan dapat memberikan penguatan untuk meningkatkan motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27756 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |