Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelas XIA-2 Jasa Boga SMK Kartika IV-1 Malang mata pelajaran kewirausahaan) / Vydha Lolita Devy - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelas XIA-2 Jasa Boga SMK Kartika IV-1 Malang mata pelajaran kewirausahaan) / Vydha Lolita Devy

Devy, Vydha Lolita (2012) Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelas XIA-2 Jasa Boga SMK Kartika IV-1 Malang mata pelajaran kewirausahaan) / Vydha Lolita Devy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Numbered Heads Together Keaktifan Siswa Hasil Belajar. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan kepada guru Kewirausahaan SMK Kartika IV-1 Malang hasil belajar siswa masih jauh dari tuntas jikalau ada yang tuntas itu pun tidak lebih dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Tingkat ketuntasan klasikal siswa hanya sebesar 40% selebihnya siswa belum bisa mencapai KKM. Hasil belajar yang masih sangat jauh dari harapan ini disebabkan siswa-siswi yang masih kurang aktif dan kreatif serta masih takut dalam berpendapat di dalam pembelajaran yang ada di kelas. Untuk mengatasi hal ini dapat digunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gambaran penerapan model pembelajaran NHT (2) keaktifan belajar siswa dalam menerima model pembelajaran NHT (3) hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model NHT (4) respon siswa terhadap pembelajaran dengan penerapan model NHT (5) kendala dan solusi yang ditemukan pada penerapan model NHT. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Action Research yang cenderung mengarah pada pendekatan kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI A-2 Jurusan Jasa Boga di SMK Kartika IV-1 Malang tahun ajaran 2011/ 2012 dengan jumlah siswa 20 orang. Data dikumpulkan melalui lembar observasi tes dokumen catatan lapangan dan angket. Teknik analisis dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together pada siswa kelas XI A-2 Jasa Boga SMK Kartika IV-1 Malang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa (2) keaktifan belajar siswa secara individu mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 10 93% (3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara bertahap dari metode ceramah ke siklus 1 sebesar 12 63% dan dari siklus 1 ke siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 36 27% (4) Respon siswa terhadap model NHT sangatlah positif. Hal ini dapat dilihat melalui hasil perhitungan angket yang menunjukkan bahwa 83 33% merasa sangat setuju dan setuju dengan penerapan model NHT begitu juga dengan hasil wawancara kepada siswa (5) Kendala dan solusi yang diperoleh adalah pengelolaan kelas yang kurang efektif sehingga guru harus lebih aktif dalam memberikan pengertian dan berkomunikasi dengan baik kepada siswa. Saran yang dapat diberikan peneliti yakni (1) hendaknya guru Kewirausahaan di berbagai SMK mencoba berbagai model pembelajaran agar siswa merasa termotivasi dalam belajar (2) Peneliti lain diharapkan memperhatikan pengelolaan waktu pada saat pelaksanaan PTK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27747

Actions (login required)

View Item View Item