Penerapan model pembelajaran kooperatif mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan kelas X Program Keahlian Pemasaran di SMK Ma'arif NU 04 Pakis Malang / Evrida Nur Anita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan kelas X Program Keahlian Pemasaran di SMK Ma'arif NU 04 Pakis Malang / Evrida Nur Anita

Anita, Evrida Nur (2012) Penerapan model pembelajaran kooperatif mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan kelas X Program Keahlian Pemasaran di SMK Ma'arif NU 04 Pakis Malang / Evrida Nur Anita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Mind Mapping Hasil Belajar Hasil observasi pada tanggal 23 Januari 2012 menunjukkan bahwa menurut data kelas (sekolah) sebagian besar siswa (69%) tidak dapat memahami materi mata pelajaran Kewirausahaan karena kurangnya pemahaman dan minat pada pelajaran tersebut. Artinya dari 31 siswa yang ada di kelas X Pemasaran SMK MA ARIF NU 04 Pakis Malang sekitar 18 siswa diantaranya belum mencapai KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 75. Hal tersebut terbukti pada saat Ujian Tengah Semester (UTS) berlangsung. Selain itu siswa masih pasif dalam berkomunikasi dan menyampaikan pendapat pada saat proses belajar-mengajar. Oleh karena itulah penelitian ini dilakukan oleh peneliti untuk menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dalam rangka meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Penerapan pembelajaran kooperatif model Mind Mapping pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas X program keahlian Pemasaran SMK MA ARIF NU 04 Pakis Malang (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Pemasaran SMK MA ARIF NU 04 Pakis Malang melalui model pembelajaran Mind Mapping (3) Respon siswa selama diterapkan pembelajaran model Mind Mapping pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X program keahlian Pemasaran SMK MA ARIF NU 04 Pakis Malang. Untuk mencapai maksud tersebut maka metode penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran SMK MA ARIF NU 04 Pakis Malang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes observasi wawancara catatan lapangan dokumentasi analisis reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada ranah kognitif yang diukur dari nilai pre test dan post test siswa pada siklus 1 meningkat yaitu sebelum diberi tindakan 66 93% dan sesudah diberi tindakan menjadi 67 74%. Begitu juga dengan siklus 2 sebelum diberi tindakan 71 61% dan sesudah diberi tindakan menjadi 86 90%. Dan pada ranah afektif yang diukur dari keaktifan siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan pada siklus 1 68 80% dan siklus II 93 82% Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan (1) Dengan adanya penerapan model pembelajaran Mind Mapping siswa lebih aktif kreatif dan berani mengungkapkan pendapat (2) model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Pemasaran SMK MA ARIF NU 04 Pakis Malang pada mata pelajaran Kewirausahaan dengan pokok bahasan Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif (3) model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan respon siswa yang positif setiap siklusnya. Bagi guru mata pelajaran Kewirausahaan disarankan Sebaiknya guru harus memotivasi siswa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran agar siswa mengerti apa yang akan dipelajari pada pertemuan sekarang bagi siswa hendaknya mempersiapkan diri dengan belajar terlebih dahulu sebelum mengikuti pembelajaran di kelas sehingga pada saat diskusi kelas siswa mudah mengikuti pembelajaran bagi peneliti selanjutnya disarankan (1) Dalam perencanaan dan pelaksanaan penelitian mempertimbangkan kebijakan sekolah terutama alokasi waktu sehingga pencapaian hasil penelitian lebih maksimal (2) Untuk mengukur nilai kognitif sebaiknya peneliti membandingkan nilai ulangan dari guru mata pelajaran dengan soal post test.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27745

Actions (login required)

View Item View Item