Pengembangan formative feedback berbantuan komputer pada materi gerak dan gaya untuk mahasiswa calon guru fisika / Ratna Dwi Wulansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan formative feedback berbantuan komputer pada materi gerak dan gaya untuk mahasiswa calon guru fisika / Ratna Dwi Wulansari

Wulansari, Ratna Dwi Wulansari (2023) Pengembangan formative feedback berbantuan komputer pada materi gerak dan gaya untuk mahasiswa calon guru fisika / Ratna Dwi Wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kenyataan menunjukkan masih banyak mahasiswa kesulitan dalam memahami konsep gerak dan gaya. Salah satu alternatif penyelesaian dari masalah tersebut adalah pengembangan formative feedback. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan mendeskripsikan validasi mendeskripsikan kepraktisan serta mendeskripsikan keefektifan produk formative feedback. Pengembangan produk menggunakan model 4D dengan tahapan Define (Pendefinisian) Design (Perancangan) Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebarluasan). Penelitian ini melibatkan satu validator untuk uji validitas soal feedback dan produk 32 mahasiswa tahun ketiga calon guru fisika untuk uji kepraktisan serta 16 mahasiswa tahun kedua calon guru fisika untuk uji keefektifan. Penelitian menghasilkan produk formative feedback yaitu Quiz Fortion yang dinyatakan valid dan praktis. Produk yang telah dinyatakan valid dan praktis di uji efektivitas terbatas dengan metode quasi-eksperimen desain pretest-posttest control group design. Hasil uji efektivitas terbatas juga menunjukkan peningkatan skor pada kelas eksperimen. Penggunaan Quiz Fortion dapat menjadi salah satu cara meningkatkan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa dalam materi gerak dan gaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277351

Actions (login required)

View Item View Item