Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang tahun ajaran 2010/2011) / Ratna Suliyantiningtias - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang tahun ajaran 2010/2011) / Ratna Suliyantiningtias

Suliyantiningtias, Ratna (2011) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang tahun ajaran 2010/2011) / Ratna Suliyantiningtias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Prestasi Belajar Siswa Perkembangan suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia (SDM). Mengingat dengan adanya tuntutan perkembangan zaman saat ini kualitas SDM sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas kreatif dan inovatif. Salah satu upaya yang dilakukan negara untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional adalah dengan melakukan penyempurnaan kurikulum dari KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) disempurnakan menjadi KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Kewirausahaan menunjukkan bahwa guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional atau guru yang lebih banyak mendominasi proses pembelajaran. Dengan metode ini mayoritas siswa cenderung bosan dan pasif ini karena mereka terbiasa bergantung pada materi yang disampaikan guru. Murid juga tidak aktif dalam mengikuti pelajaran. Salah satu metode yang dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa adalah model pembelajaran NHT. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif karena data yang diperoleh dinyatakan bersifat deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian Akuntansi dengan mata pelajaran Kewirausahaan tahun ajaran 2010/2011 di SMK Ardjuna 2 Malang. Data dikumpulkan dengan cara observasi wawancara tes catatan lapangan angket dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together. (2) Apakah penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. (3) Hambatan dan solusi dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif model numbered head together. (4) Respon siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatif model numbered head together. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas X Akuntansi SMK ARDJUNA 2 Malang (1) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. (2) Pada aktivitas belajar siswa yang dilakukan di setiap siklus diperoleh hasil yang baik. (3) Terdapat beberapa faktor penghambat dan solusinya dalam penelitian ini. (4) Respon siswa sangat tinggi hal ini dapat menunjukkan bahwa adanya peningkatkan rasa saling percaya antar sesama teman siswa bisa lebih aktif dalam pembelajaran dikelas merasa lebih berani mengungkapkan pendapat dapat melatih mereka berbagi pengetahuan dengan teman-teman mereka dapat menghargai pendapat orang lain mereka lebih mudah memahami materi merasa betah belajar di kelas karena suasana tidak membosankan bisa saling membantu bisa membuat bersemangat untuk mempelajari kembali materi yang telah disampaikan di rumah. Kemampuan siswa dalam memahami materi secara cepat dan tepat pada mata pelajaran Kewirausahaan juga mengalami peningkatan. 22 orang siswa yang menjadi subyek penelitian sebanyak 90.9% (20 orang) sudah tuntas belajar di siklus II. Sebelumnya siswa yang tuntas di siklus I hanya 13 siswa (47 7%). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas sebelum penerapan metode NHT adalah 53 5 dan 57 5. Dan setelah penerapan metode NHT nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 67 7 dan sebesar 81 6 pada siklus II. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti dari penelitian yang telah dilakukan ini adalah (1) Pembelajaran kooperatif model NHT sangat bermanfaat bagi siswa karena model pembelajaran ini telah tebukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga bagi guru mata diklat Kewirausahaan dan guru mata diklat yang lainnya diharapkan dapat menerapkan pembelajaran NHT ini. Dalam menerapkan pembelajran kooperatif model NHT hendaknya guru juga harus memperhatikan alokasi waktu dan keaktifan kelas. (2) Bagi peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian tentang pembelajaran kooperatif model NHT ada mata diklat lain selain mata diklat Kewirausahaan dan dapat dikembangkan untuk sekolah-sekolah lain. (3) Guru harus dapat memotivasi siswa untuk mengadakan persiapan belajar dirumah sebelum materi disampaikan disekolah. Dengan cara memberitahu siswa sebelum diadakan tes. Sehingga siswa akan lebih termotivasi untuk belajar sebelum tes. (4) Pembelajaran kooperatif model NHT sangat memerlukan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai misalnya ruang pembelajaran serta media pembelajaran misalnya OHP dan LCD. Oleh karena itu dukungan dari pihak sekolah sebagai penyedia sarana dan prasarana sangat diperlukan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27729

Actions (login required)

View Item View Item