Abrori, Valian (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X MM 3 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Valian Abrori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Model Numbered Heads Together Aktivitas belajar Hasil belajar. Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kemajuan bangsa. Untuk mewujudkan pendidikan yang maksimal diperlukan upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah penyempurnaan kurikulum dari KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) menjadi KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). KTSP dirancang untuk meningkatkan mutu pendidikan dan disesuaikan dengan karakteristik sekolah. Untuk mewujudkan kualitas pendidikan yang optimal diperlukan kerjasama dari berbagai pihak baik dari guru siswa maupun lingkungan sekolah. Agar dapat menciptakan situasi pembelajaran yang lebih bervariasi dan dapat meningkatkan peran siswa dalam pembelajaran maka perlu diterapkan metode pembelajaran misalnya metode pembelajaran kooperatif karena dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tidakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan dilakukan melalui dua siklus. Subyeknya adalah siswa kelas X Multimedia 3 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) interview (wawancara) dokumentasi tes catatan lapangan dan angket belajar afektifi siswa. Teknik analisis data yang digunakan melalui tiga tahap yaitu Reduksi Data Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together pada siswa kelas X Multimedia 3 mata pelajaran Kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta untuk mengetahui kendala-kendala pada saat proses pembelajaran. Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I skor yang diperoleh adalah 31 dan skor maksimalnya 40 dengan persentase nilai rata-rata 77 50% dan termasuk dalam kategori kurang baik. Pada siklus II skor yang diperoleh adalah 35 dan skor maksimalnya 40 dengan persentase nilai rata-rata 87 50% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Selain itu penilitian ini menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa yang terlihat dari perbandingan hasil pre-test yang dilaksanakan pada saat pra tindakan dengan hasil post-test yang diberikan pada saat akhir penerapan. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada saat pre-test sebanyak 7 siswa (21 87%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 25 siswa (78 13%). Hasil post-test siklus I menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa (68 75%) dan yang belum tuntas sebanyak 10 siswa (31 25%). Untuk hasil post-test siklus II juga menunjukkan peningkatan hasil belajar jika dibandingkan dengan siklus I yaitu dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (84 37%) dan yang belum tuntas hanya sebanyak 5 siswa (15 63%). Saran yang dapat peneliti berikan adalah sebagai berikut (1) Guru mata pelajaran Kewirausahaan hendaknya lebih memotivasi siswa agar berpikir aktif saling bekerjasama antar siswa dan memberikan bimbingan pada siswa untuk memecahkan suatu masalah (2) pembelajaran kooperatif dengan model Numbered Heads Together dapat digunakan sebagai salah satu alternatif yang dapat dipakai Guru mata pelajaran Kewirausahaan dalam melaksanakan pembelajaran terhadap siswa. Karena dengan metode tersebut dapat meningkatkan aktivitas siswa menimbulkan kerjasama anggota dan mendorong siswa untuk menghargai pendapat orang lain sehingga mendorong semangat belajar dan akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27716 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |