Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan pada mata pelajaran melaksanakan negosiasi di SMK PGRI 6 Malang / Anugerah Suci Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan pada mata pelajaran melaksanakan negosiasi di SMK PGRI 6 Malang / Anugerah Suci Pratiwi

Pratiwi, Anugerah Suci (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan pada mata pelajaran melaksanakan negosiasi di SMK PGRI 6 Malang / Anugerah Suci Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kooperatif model group investigation hasil belajar siswa. Bentuk pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih banyak yang bersifat konvensional. Dimana guru menjadi pusat dan sumber ilmu sedangkan siswa hanya mendengar mencatat dan mengerjakan soal yang diperintahkan oleh guru. Pembelajaran seperti ini yang menjadikan siswa cenderung pasif tidak dapat mengembangkan pengetahuan/wawasannya dan menjadikan siswa malas jenuh serta mengantuk pada saat pembelajaran berlangsung. Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif dalam setiap proses belajar siswa diberi kesempatan dalam menyampaikan segala ide pendapat saran beserta gagasan-gagasan yang dimiliki oleh siswa. Salah satu pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa secara langsung mulai dari perencanaan adalah pembelajaran kooperatif model Group Investigation dimana siswa dituntut lebih aktif lagi dalam proses pembelajaran baik fisik ataupun mental. Dalam pembelajaran ini siswa diharuskan berfikir aktif bekerjasama dalam kelompok mulai dari mengidentifikasi topik merencanakan tugas menginvestigasi soal menyiapkan laporan akhir serta mempresentasikan laporan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif model GI (Group Investigation) pada mata pelajaran Melaksanakan Negosiasi di SMK PGRI 6 Malang 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Melaksanakan Negosiasi setelah mengikuti pembelajaran kooperatif model GI (Group Investigation) 3) Hambatan-hambatan apakah yang muncul selama diterapkannya pembelajaran kooperatif model GI (Group Investigation) pada mata pelajaran Melaksanakan Negosiasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dimana terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan/observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah kelas X Pj di SMK PGRI 6 Malang yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan tes tulis yang dilaksanakan pada awal dan akhir siklus lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa ketrampilan siswa aktivitas siswa dan ketepatan guru dalam mengajar. Respon siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode angket dan wawancara. Kegiatan iv siswa dan guru dicatat dalam catatan lapangan dan pengamatan partisipan serta dokumentasi untuk penguatan terhadap hasil penelitian Hasil penelitian menggambarkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa 2) Pada aspek kognitif nilai pre test dan post test pada siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan peningkatan. Rata-rata yang diperoleh dari nilai pre test dan post test siklus I adalah 68 94 meningkat menjadi 69 26. Sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh dari nilai pre test dan post test siklus II adalah 62 05 meningkat menjadi 64 76. Ketuntasan klasikal ranah kognitif juga mengalami peningkatan. Pada pre test siklus I sebesar 58 82% meningkat pada post test siklus I menjadi 76 47%. Sedangkan nilai pre test siklus II sebesar 38 23% meningkat pada post test siklus II menjadi 47 05% 3) Untuk ketuntasan klasikal pada ranah afektif juga mengalami peningkatan pada setiap siklus. Untuk pra tindakan ketuntasan klasikal hasil belajar ranah afektif siswa sebesar 17 64% siklus I sebesar 79 41% dan siklus II 88 23% 4) Pada aspek psikomotorik juga mengalami peningkatan setiap pertemuan. Obsever 1 menilai bahwa pada pertemuan 2 mencapai 20 58%. Sedangkan obsever 2 menilai pada pertemuan 2 mencapai 32 35%. Pada siklus II mengalami peningkatan dari pada pertemuan sebelumnya. Obsever 1 menilai bahwa siklus II pertemuan 2 mencapai 76 47%. Sedangkan obsever 2 menilai pada pertemuan 2 mencapai 88 24% 5) Hasil belajar aspek psikomotorik menunjukkan peningkatan dari siklus 1 dan 2 yaitu observer 1 dan 2 menilai bahwa siklus 1 dan 2 mengalami peningkatan sebesar 55 89%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Pembelajaran kooperatif model Group Investigation pada mata pelajaran Melaksanakan Negosiasi di SMK PGRI 6 Malang dilaksanakan dengan melalui beberapa tahapan yaitu dengan cara mengidentifikasi topik ke dalam kelompok merencanakan tugas yang akan dipelajari melaksanakan investigasi menyiapkan laporan akhir mempresentasikan laporan akhir dan evaluasi 2) Hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II meningkat 3) Terdapat beberapa hambatan yang ditemui peneliti dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif model Group Investigation. Adapun saran yang diberikan 1) Bagi Sekolah untuk menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung efektifitas pembelajaran kooperatif model Group Investigation 2) Bagi guru disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran seperti ini 3) Untuk peserta didik lebih meningkatkan keberaniannya dalam mengajukan pertanyaan dan jawaban karena semakin aktif siswa dalam pembelajaran seperti ini semakin baik. 4) Bagi peneliti berikutnya diharapkan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan model yang sama pada mata pelajaran yang sama/beda namun dalam tempat yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27688

Actions (login required)

View Item View Item