Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Jurusan Pemasaran pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Islam Batu / Fera Edyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Jurusan Pemasaran pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Islam Batu / Fera Edyani

Edyani, Fera (2010) Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Jurusan Pemasaran pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Islam Batu / Fera Edyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Role Playing Hasil Belajar. Tujuan pendidikan di sekolah harus mampu mendukung kompetensi tamatan sekolah yaitu pengetahuan nilai sikap dan kemampuan untuk mendekatkan dirinya dengan lingkungan alam sosial budaya dan kebutuhan daerah. Kegiatan pembelajaran pada dasarnya bukan semata-mata bertujuan untuk mentransfer ilmu dari guru kepada siswa. Inti dari kegiatan suatu sekolah adalah pada Proses Belajar Mengajar (PBM) dimana kualitas belajar siswa banyak ditentukan oleh keberhasilan pelaksanaan Proses Belajar Mengajar tersebut. Strategi pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai model. Salah satu alternative model pembelajaran adalah model pembelajaran role playing (bermain peran). Model bermain peran ini mempunyai nilai tambah yaitu (1) Dapat dijamin jika seluruh siswa dapat berpartisipasi dan mempunyai kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dalam bekerja sama hingga berhasil dan (2) Permainan merupakan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak. Tujuan penelitian ini adalah Mendiskripsikan penerapan model pembelajaran role playing pada siswa kelas X jurusan Pemasaran SMK Islam Batu. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK Islam Batu dengan menerapkan model pembelajaran role playing. (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran role playing pada siswa kelas X jurusan Pemasaran SMK Islam Batu. Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan analisis pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data menggunakan soal tes lembar observasi catatan lapangan dokumentasi dan pedoman wawancara. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan yang dapat diperoleh adalah penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada pre-test siklus I terdapat 3 siswa yang tuntas dan 32 siswa yang belum tuntas. Post-test siklus I terdapat 10 siswa yang tuntas 25 siswa yang belum tuntas. Pada pre-test siklus II terdapat 25 siswa yang tuntas dan 10 siswa belum tuntas. Post-test siklus II terdapat 27 siswa tuntas dan 8 siswa yang belum tuntas. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) Guru Mata Pelajaran Kewirausahaan agar mempertimbangkan untuk menggunakan model pembelajaran Role Playing dalam proses pembelajaran agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran. (2) Para siswa diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran agar dapat memperoleh manfaat berupa pengetahuan dan pemahaman yang lebih meningkat. (3) Pihak sekolah diharapkan untuk menciptakan lingkungan belajar dan sarana pembelajaran yang lebih lengkap sehingga dapat membantu kelancaran proses pembelajaran. (4) Penulis mengharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti-peneliti selanjutnya untuk mencari solusi bagaimana cara guru mengontrol atau membuat para siswa lebih menghargai guru ketika sedang ada di depan kelas memberi motivasi dan mengontrol siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27683

Actions (login required)

View Item View Item