Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata diklat melakukan negosiasi (study kasus pada siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Turen) / Anisah Lutfiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata diklat melakukan negosiasi (study kasus pada siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Turen) / Anisah Lutfiyah

Lutfiyah, Anisah (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata diklat melakukan negosiasi (study kasus pada siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Turen) / Anisah Lutfiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci TSTS ( Two Stay Two Stray ) Keaktifan Hasil Belajar. Seiring dengan proses perubahan yang cepat dalam lingkungan pendidikan maka hal tersebut juga berdampak pada perubahan kurikulum pendidikan yaitu dengan diterapkannya kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada sekolah-sekolah sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yang cenderung teacher-oriented dalam proses belajar mengajar. Untuk mengetahui tuntutan dan target dari kurikulum baru yang diterapkan maka diperlukan strategi atau model pembelajaran yang menyenangkan dalam upaya meningkatkan pola pikir peserta didik serta potensi siswa agar berhasil dalam proses belajar mengajar. Untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar yang diharapkan upaya atau usaha yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan cara menguasai materi pelajaran dan memilih metode pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray pada siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen.(2) Mengetahui keaktifan belajar siswa melalui penerapan Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray pada siswa kelas X Pemasaran SMKNegeri 1 Turen.(3) Untuk mengetahui hasil belajar mata diklat Melakukan Negosiasi siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1Turen melalui penerapan Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray. Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan analisis pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data menggunakan soal tes lembar observasi catatan lapangan dokumentasi angket. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Turen tahun ajaran 2009/2010. Data tentang keaktifan belajar siswa dapat diketahui melalui setiap indikator elemen kooperatif mengalami peningkatan keaktifan. Hasil analasis data bila ditinjau dari Hasil belajar peserta siswa di tinjau dari aspek kognitif mengalami peningkatan yaitu pada pada post test siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 24 siswa (72.72%) sedangkan yang belum tuntas belajar adalah 9 siswa (27.27%). Pada post test siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 29 siswa (87.87%) dan yang belum tuntas belajar adalah 4 siswa (12.12%). Bila ditinjau dari aspek afektif juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I siswa yang tuntas adalah 19 siswa (57.57%) dan yang belum tuntas adalah 14 siswa (42.42%). Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa yang tuntas adalah 31 siswa (93.93%) dan yang belum tuntas adalah 2 siswa (6.06%). Sedangkan analisis data terhadap keaktifan siswa juga mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata persentase untuk deskriptor (1) Saling Ketergantungan Positif (75%) (2) Interaksi Langsung Antar Individu (62.5%) (3) Akuntabilitas Individu (68.75%) (4) Keterampilan Berinteraksi antar Individu dan Kelompok (83.5%). Pada siklus II mengalami peningkatan untuk tiap-tiap deskriptor yaitu (1) Saling Ketergantungan Positif (93.75%) (2) Interaksi Langsung Antar Individu (100%) (3) Akuntabilitas Individu (93.75%) (4) Keterampilan Berinteraksi antar Individu dan Kelompok (100%). Kesimpulan yang dapat diperoleh adalah penerapan Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) Guru mata diklat Melakukan Negosiasi SMKNegeri 1 Turen disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS). (2) Bagi siswa untuk mempersiapkan diri dengan belajar telebih dahulu sebelum mengikuti pelajaran di kelas (3) Bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengembangkan penelitian ini disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata diklat yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27682

Actions (login required)

View Item View Item