Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMK Negeri 2 Balikpapan / Herma Hidayana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMK Negeri 2 Balikpapan / Herma Hidayana

Hidayana, Herma (2010) Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMK Negeri 2 Balikpapan / Herma Hidayana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayana Herma. 2009. Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Balikpapan. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr Suwarni M.Si (2) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si. Kata kunci Gaya Belajar (Learning Styles) Visual Auditori Kinestetik Prestasi Belajar. Perubahan zaman yang begitu dinamis dan cepat secara tidak langsung menuntut dunia Pendidikan Nasional untuk mampu menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki skill serta kompetitif di era global dan reformasi. Berbicara mengenai pendidikan tentunya juga tidak lepas dari proses kegiatan belajar mengajar untuk mencapai hasil belajar yang diharapkan. Dalam sebuah proses pembelajaran unsur belajar memegang peranan yang sangat penting dimana kegiatan mengajar dianggap bermakna apabila terjadi kegiatan belajar siswa. Gaya belajar (Learning Styles) dianggap memiliki peranan penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Siswa yang kerap dipaksa belajar dengan cara-cara yang kurang cocok dan berkenan bagi mereka tidak menutup kemungkinan akan menghambat proses belajarnya terutama dalam hal berkonsentrasi saat menyerap informasi yang diberikan. Pada akhirnya hal tersebut juga akan berpengaruh pada hasil belajar yang belum maksimal sebagaimana yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Balikpapan untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Balikpapan mengetahui dan menguji pengaruh secara parsial gaya belajar yang meliputi gaya belajar visual auditori dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Balikpapan dan untuk mengetahui serta menguji pengaruh secara simultan gaya belajar yang meliputi visual auditori dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Balikpapan Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif korelasional. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas X SMK Negeri 2 Balikpapan tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 472. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan persentase 25% sehingga diperoleh sampel sebanyak 119 orang. Kuesioner yang digunakan sebagai instrumen penelitian ini adalah kuesioner tertutup yang menggunakan skala Likert dengan 5 alternatif pilihan jawaban. Sedangkan untuk menguji kelayakan instrumen dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan sampel uji coba 30 orang responden. Proses pengolahan data menggunakan bantuan software SPSS 15 for Windows. Berdasarkan penelitian ini hasil yang diperoleh adalah (1) Sebagian besar siswa memiliki ciri - ciri gaya belajar auditori yang paling banyak daripada gaya belajar visual dan kinestetik (2) Prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Balikpapan termasuk lulus dalam kriteria baik (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar visual terhadap prestasi belajar siswa (4) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar auditori terhadap prestasi belajar siswa (5) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. (6) Secara simultan terdapat pengaruh positif yang signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas (7) Variabel gaya belajar kinestetik merupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh Adjusted R Square sebesar 0 558. Artinya bahwa 55 8% pestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Balikpapan dipengaruhi oleh variabel gaya belajar (X) yang terdiri dari gaya belajar visual auditori dan kinestetik. Sedangkan sisanya 44 2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah (1) siswa sebaiknya dapat mengenali gaya belajar yang dimilikinya dengan mengenali konsep diri terkait dengan kesulitan belajar yang dialami misalnya saja apakah ia termasuk tipikal yang individu atau dapat bersosialisasi dalam memenuhi kebutuhan belajarnya dan lain sebagainya. Karena dengan mengenali gaya belajar sendiri siswa mampu menentukan bagaimana atau seperti apa cara belajar yang optimal bagi dirinya (2) Guru hendaknya memperhatikan gaya belajar siswa yang berbeda-beda pada saat proses belajar mengajar. Karena hal tersebut dapat membantu serta memudahkan guru dalam menentukan metode pengajaran yang tepat serta penyampaian materi yang dapat diterima oleh siswa. Sehingga siswa dengan gaya belajar yang berbeda-beda juga dapat dengan mudah menerima dan memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru (3) Selain gaya belajar terdapat faktor-faktor lainnya yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Maka hendaknya pihak SMK Negeri 2 Balikpapan juga memperhatikan faktor-faktor lainnya yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa baik yang sifatnya intern maupun ekstern. (4) Bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian sejenis disarankan untuk memilah dan mengelompokkan siswa berdasarkan gaya belajarnya yaitu gaya belajar visual auditori dan kinestetik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27657

Actions (login required)

View Item View Item