Implementasi metode pembelajaran kooperatif model numbered head together untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa (studi pada siswa Program Keahlian Penjualan kelas XPk1 mata diklat melakukan konfirmasi keputusan pelanggan di SMK Budi Utomo Kepanjen) / Ema L - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi metode pembelajaran kooperatif model numbered head together untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa (studi pada siswa Program Keahlian Penjualan kelas XPk1 mata diklat melakukan konfirmasi keputusan pelanggan di SMK Budi Utomo Kepanjen) / Ema L

Masita, Ema Luluk (2010) Implementasi metode pembelajaran kooperatif model numbered head together untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa (studi pada siswa Program Keahlian Penjualan kelas XPk1 mata diklat melakukan konfirmasi keputusan pelanggan di SMK Budi Utomo Kepanjen) / Ema L. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Pada Siswa Program Keahlian Penjualan Kelas X PJ1 Mata Diklat Melakukan Konfirmasi Keputusan Pelanggan di SMK Budi Utomo Kepanjen) Ema Luluk Masita Abstrak Berdasarkan hasil kajian teoritis dan empiris peneliti yang telah dilaksanakan di SMK Budi Utomo Kepanjen ditemukan beberapa kendala yang menghambat proses pembelajaran pada mata diklat melakukan konfirmasi keputusan pelanggan di kelas X Pj1. Hambatan yang ditemui antara lain sarana prasarana belajar kurang mendukung kelas selalu pasif rendahnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang ditunjukkan dari dominasi yang banyak dari guru sehingga sangat sulit untuk menimbulkan interaksi baik antara siswa dengan siswa maupun antara siswa dengan guru. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa kelas X Pj1 pada mata diklat melakukan konfirmasi keputusan pelanggan di SMK Budi Utomo Kepanjen. Untuk mencapai tujuan penelitian maka dilakukan kegiatan pembelajaran dengan implementasi metode pembelajaran kooperatif model numbered head together yang dilaksanakan melalui dua Siklus. Setiap siklusnya terdapat beberapa tindakan yang meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Siklus I dilaksanakan berdasarkan studi pendahuluan sedangkan Siklus II dilaksanakan berdasarkan rencana dari hasil refleksi Siklus I. Subyek penelitian ini adalah siswa program keahlian penjualan kelas X Pj1 mata diklat melakukan konfirmasi keputusan pelanggan yang berjumalah 35 orang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Variabel dalam penelitian ini ada 3 yaitu metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together yang merupakan variabel bebas aktivitas dan hasil belajar siswa merupakan variabel terikat. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa pada Siklus I ke Siklus II dengan kriteria nilai 61619 7 sebesar 273.8%. Peningkatan aktivitas belajar siswa ditunjukkan dari peningkatan pada Siklus I ke Siklus II melalui frekuensi bertanya sebesar 31.25% sedangkan pada frekuensi menjawab meningkat sebesar 44% frekuensi memberi tanggapan meningkat sebesar 40% dan frekuensi memberi sanggahan terjadi peningkatan sebesar 20%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together terbukti dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa. Kata kunci pembelajaran kooperatif model numbered head together hasil belajar aktivitas belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27649

Actions (login required)

View Item View Item