Pengaruh model pembelajaran mind map (peta pikiran) terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata diklat menemukan peluang baru dari pelanggan Program Keahlian Penjualan di SMK Negeri 2 Blitar / Elis Piyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran mind map (peta pikiran) terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata diklat menemukan peluang baru dari pelanggan Program Keahlian Penjualan di SMK Negeri 2 Blitar / Elis Piyana

Piyana, Elis (2009) Pengaruh model pembelajaran mind map (peta pikiran) terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata diklat menemukan peluang baru dari pelanggan Program Keahlian Penjualan di SMK Negeri 2 Blitar / Elis Piyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa metode pembelajaran yang diterapkan di SMK Negeri 2 Blitar pada mata diklat Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan yaitu metode konvensional ceramah tanya jawab penugasan.Meskipun sudah menerapkan kurikulum KTSP tetapi dalam menyampaikan materi pelajaran guru masih menggunakan ceramah sehingga siswa cenderung bersikap pasif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa juga tidak bisa menggali kemampuannya secara maksimal. Siswa mencatat materi yang disampaikan oleh guru ke dalam catatan yang sifatnya monoton. Hal ini menyebabkan siswa hanya mengingat informasi baru yang diberikan. Akibatnya prestasi belajar siswa kurang maksimal karena dalam memberikan tes guru tidak hanya mengeluarkan materi yang baru saja. Materi lama juga dikeluarkan guru dalam tes. Selain itu siswa cenderung bersikap pasif dalam pembelajaran.Model pembelajaran yang cocok diterapkan dan sesuai dengan kondisi siswa SMK Negeri 2 Blitar pada mata diklat Menemukan Peluang Baru dariPelanggan yaitu model pembelajaran mind map. Mind map mampu membantu siswa mengingat dan menyimpan informasi lama maupun baru dalam jangka waktu lama karena cara kerja mind map lebih menggunakan kedua belahan otak dibandingkan model pembelajaran yang lain. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode konvensional sebagai kelompok kontrol dengan yang diajar menggunakan model mind map sebagai kelompok eksperimen di mana prestasi belajar kedua kelompok sebelum penelitian kurang maksimal. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk melihat pengaruh dari model pembelajaran mind map terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata diklat Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan program keahlian penjualan di SMK Negeri 2 Blitar. Rancangan penelitian ini termasuk ke dalam kuasi eksperimen dengan jenis desain nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X PJ 4 sebagai kelompok kontrol yang diberi perlakuan metode konvensional dan X PJ 3 sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran mind map. Sebelum masing-masing kelompok diberi perlakuan yang berbeda terlebih dahulu diberi pre test yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal kedua kelompok. Setelah kedua kelompok diberi perlakuan yang berbeda selanjutnya diberi post test untuk mengetahui kemampuan akhir dan prestasi belajar kedua kelompok.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa implementasi metodepembelajaran konvensional dan model pembelajaran mind map dilaksanakandalam 3 kali pertemuan. Tiap pertemuan 4 jam pelajaran. Tahap-tahappenelitian terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan dan observasi. Hasil penelitian yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif diketahui bahwa kedua kelompok memiliki rata-rata kemampuan awalsama yaitu 60 00. Setelah diberi perlakuan yang berbeda diketahui nilai rata-rata kelompok eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran mind map lebih tinggi dibanding kelompok kontrol yaitu 90 26 74 26.Hasil uji t kemampuan awal kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan bahwa nilai thitung (0.000) ttabel (2.021). Hal ini berarti tidak terdapat perbedaan kemampuan awal kedua kelompok. Hasil uji gain value menunjukkan bahwa nilai thitung (7.606) ttabel (2.021) artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hal ini berarti model pembelajaran mind map yang diberikan kepada kelompok eksperimen dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata diklat Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan sebagai berikut (1) bagi guru mata diklat Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan disarankan menggunakan model pembelajaran mind map sebagai variasi dalam mengajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa karena model pembelajaran mind map sudah terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa (2) bagi guru disarankan tidak hanya mampu membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajarnya tetapi juga mampu memunculkan kreativitas siswa melalui model pembelajaran mind map (3) kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk menerapkan model pembelajaran mind map pada mata diklat yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27630

Actions (login required)

View Item View Item