Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata diklat kewirausahaan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X program keahlian penjualan 4 di SMK Negeri 2 Blitar / Nanis Astrianawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata diklat kewirausahaan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X program keahlian penjualan 4 di SMK Negeri 2 Blitar / Nanis Astrianawati

Astrianawati, Nanis (2009) Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata diklat kewirausahaan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X program keahlian penjualan 4 di SMK Negeri 2 Blitar / Nanis Astrianawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astrianawati Nanis. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Diklat Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Penjualan Di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Tataniaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto. M.Si (II) Rachmad Hidayat. S.Pd. Kata kunci problem based learning prestasi belajar. Dewasa ini pendidikan telah mengalami perkembangan yang semakin pesat dimana informasi dan komunikasi juga berkembang setiap saat. Hal itu mengakibatkan persaingan yang sangat ketat di dunia pendidikan maka untuk menghadapinya diperlukan kualitas pendidikan yang bermutu dan semakin meningkat. Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan pemerintah telah merumuskan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yaitu sebagai tindak lanjut kebijakan pendidikan dalam konteks otonomi daerah dan desentralisasi. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) guru dapat menggunakan strategi pembelajaran kontekstual dengan memperhatikan beberapa hal yaitu memberikan kegiatan yang bervariasi sehingga dapat melayani perbedaan individu siswa lebih mengaktifkan siswa dan guru mendorong berkembangnya kemampuan baru menimbulkan jalinan kegiatan belajar di sekolah rumah dan lingkungan masyarakat. Pada kenyataannya pembelajaran Kewirausahaan hanya berorientasi pada penguasaan materi saja dan siswa dituntut untuk menghafal materi yang diberikan oleh guru. Hal ini dapat dilihat dari metode yang masih digunakan yaitu metode ceramah sehingga menyebabkan apa yang dipelajari oleh siswa kurang bermakna dan membuat siswa menjadi lebih cepat merasa bosan terhadap kegiatan belajar mengajar Kewirausahaan. Pengguanaan model Pembelajaran Problem Based Learning diharapkan dapat memberikan perubahan terhadap prestasi belajar siswa khususnya pada mata diklat Kewiruasahaan. Perubahan tersebut nantinya akan merubah cara pandang siswa terhadap mata diklat Kewirausahaan dibandingkan dengan sebelum diterapkannya model Pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti merumuskan tujuan penelitian sebagai berikut (1) mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata diklat kewirausahaan kelas X penjualan 4 di SMK Negeri 2 Blitar (2) mengetahui prestasi belajar siswa kelas X penjualan 4 di SMK Negeri 2 Blitar pada mata diklat kewirausahaan (3) mengetahui model pembelajaran Problem Based Learning dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas X penjualan 4 di SMK Negeri 2 Blitar. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa prestasi belajar siswa ranah kognitif dan ranah afektif mengalami peningkatan. Pada ranah kognitif hasil pre test siklus I siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 20 siswa dan mengalami peningkatan menjadi 33 siswa pada siklus II dan hasil post test siklus I siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 22 siswa dan mengalami iv peningkatan menjadi 33 siswa pada siklus II. Pada ranah afektif prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 28% yang semula 41% pada siklus I menjadi 69% pada siklus II. Bertitik tolak dari temuan penelitaian ini beberapa saran yang diajukan sebagai berikut. (1) model pembelajaran Problem Based Learning dapat digunakan oleh guru sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa (2) kepada peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian pada kompetensi dasar yang lain guna mengetahui keberhasilan penerapan pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning dalam meningkatkan prestasi belajar (3) sebaiknya guru bisa memotivasi dan mengarahkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajara Problem Based Learning sehingga siswa bisa lebih antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27616

Actions (login required)

View Item View Item